eprintid: 24576 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/45/76 datestamp: 2017-03-15 03:18:44 lastmod: 2017-03-15 03:18:44 status_changed: 2017-03-15 03:18:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZQY NARENDRA JATI, NIM. 1420410091 title: INTERNALISASI NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Internalisasi nilai, Antikorupsi, Pembelajaran PAI note: Dr. Maemonah, M.Ag. abstract: Rizqy Narendra Jati, S.Pd.I., Internalisasi Nilai-nilai Antikorupsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Yogyakarta, Tesis, 2017 Moral Bangsa Indonesia kini dalam ambang kehancuran. Tindakan korupsi misalnya, yang telah dilakukan secara masif. Hal inilah yang menjadikan pemerintah membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun KPK seakan kurang berhasil dalam memberantas korupsi, terbukti dengan tidak adanya efek jera bagi pelaku tindakan korupsi. Dibutuhkan suatu gerakan masyarakat yang kuat dan meluas yang melibatkan semua kelompok untuk melawan dan menghentikan tindakan korupsi. Salah satunya mengimplementasikan pendidikan antikorupsi di sekolah melalui penanaman nilai-nilai antikorupsi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Yogyakarta, mengingat sekolah ini secara inisiatif menerapkan pendidikan antikorupsi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apa saja nilai antikorupsi yang diinternalisasikan kepada peserta didik di SMAN 2 Yogyakarta? Bagaimana implementasi internalisasi nilai antikorupsi dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 2 Yogyakarta? Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam internalisasi nilai antikorupsi di SMAN 2 Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai antikorupsi yang ditanamkan melalui pembelajaran PAI mencakup 9 nilai antikorupsi, yaitu: kejujuran, disiplin, tanggungjawab, sederhana, kerja keras, mandiri, adil, peduli, dan berani. (2) Program kurikulum di SMAN 2 Yogyakarta berbasis character building toward to moral integrity. (3) Proses internalisasi nilai antikorupsi pada pembelajaran PAI di SMAN 2 Yogyakarta dilakukan dengan tiga tahapan, yakni: tahap pengetahuan tentang moral, tahap perasaan tentang moral, dan tahap perbuatan/tindakan moral. (4) Faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai antikorupsi di SMAN 2 Yogyakarta, yakni: dukungan dari berbagai pihak baik komite, guru, karyawan, dan warga sekolah. Adanya kerjasama dengan Pukat dari fakultas Hukum UGM. Adanya dukungan dari wali murid. Kegiatan keagamaan, tata tertib, situasi lingkungan sekolah, keteladanan dan pembiasaan. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: Belum semua guru menginternalisasikan nilai antikorupsi secara sistematis. Saat pelajaran PAI, peserta didik sering terlambat masuk. Evaluasi internalisasi nilai antikorupsi yang belum maksimal date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: RIZQY NARENDRA JATI, NIM. 1420410091 (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI ANTIKORUPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24576/2/1420410091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24576/1/1420410091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf