%0 Thesis %9 Masters %A CEPI SAEPUL FARID SPDI, NIM. 1420410114 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2017 %F digilib:24578 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pemanfaatan, program keagamaan pada YouTube, prestasi belajar, Aqidah. %T PENGARUH PEMANFAATAN PROGRAM KEAGAMAN PADA YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015-2016 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24578/ %X Perkembangan internet yang semakin luas berbanding lurus denganjumlah user internet dari tahun ketahun semakin banyak. Hal ini disebabkanberbagai keuntungan yang diperoleh user diantaranya harga semakin murah, tempat dan alat menggunakan internet semakin beragam dan tumbuh disetiap sudut kota dan desa, informasi yang didapat lebih cepat dan mampu memenuhi semua yang dibutuhkan. Hal ini pula menggugah guru mata pelajaran Aqidah untuk ikut berperan aktif dalam memberikan pemahaman pemanfaatan yang lebih baik dalam berinternet salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi YouTubedalam menyampaikan materi dari beberapa program keagamaan pada YouTube kepada siswa dengan dasar keyakinan bahwa pemanfaatan video yang ditayangkannya dapat berpartisipasi dalam meningkatkan motivasi, prestasi dan minat anak dalam belajar. Namun sebaliknya banyak guru-guru disekolah tersebut tidak ikut berperan dalam memanfaatkan video keagamaan pada YouTube dengan berbagaimacam alasan padahal segala fasilitas pendukung telah diupayakan oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan program keagamaan pada YouTube mampu meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah. Teori yang digunakan adalah kawasan pemanfaatan Seels& richey. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 20 % dari jumlah populasi 246 siswa yaitu 50 siswa yang diambil secara undian pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015-2016 sedangkan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji regresi linier sederhana menunjukan hasil uji F 0,014 4,04 dan hasil uji t 0,014 2,01 menunjukan variabel Xtidak berpengaruh secara simultanmaupun parsial terhadap variabel Y, hasil koefisien regresi - 0,019 berarti b = - a (bertanda negatif) menunjukan hubungan arah berlawanan dan hasil uji determinasi 0,003/ 0,3 % menunjukan variabelX memiliki pengaruh kontribusi sebesar 0,3 % terhadap variabel Y berarti 99,7 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang ditentukan. viii Data diatas berakhir dengan menolak hipotesis (Ha), kesimpulannya adalah pemanfaatan program keagamaan pada You Tube tidak berpengaruh positif (negatif) terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015–2016 yang artinya semakin sering/ tinggi pemanfaatan program keagamaan pada YouTube maka semakin rendah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015–2016, sebaliknya semakin jarang/ rendah pemanfaatan program keagamaan pada YouTube maka semakin tinggi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015–2016. Sarannya adalah Pertama,lebih aktif dalam mensosialisasikan kebijakan.Kedua, mengintensifkan pemanfaatan program keagamaan pada YouTube pada mata pelajaran PAI.Ketiga, Kepala sekolah memberikan intervensi kebijakan kepada seluruh guru mata pelajaran untuk melakukan percobaan pengujian pemanfaatan program yang ada pada YouTube. %Z Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A