<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL)"^^ . "Pada hakekatnya, tujuan utama pembelajaran bahasa adalah\r\nmemfungsikan keempat kemahiran sebagai alat komunikasi, baik lisan maupun\r\ntulisan. MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak merupakan madrasah\r\nyang di dalamnya mengajarkan keempat kemahiran berbahasa tersebut. Mayoritas\r\npembelajaran bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah masih menggunakan\r\nmetode pengajaran klasik. Dengan karakteristik utamanya adalah pembelajar\r\nkurang aktif. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan teori-teori\r\npembelajaran bahasa modern seperti konstruktivisme. Teori ini memberi\r\nkesempatan kepada peserta didik untuk dapat aktif dalam pembelajaran. Dengan\r\nteori belajar ini, siswa akan mampu mengkonstruk pengalaman maupun\r\npengetahuannya dengan bimbingan guru.\r\nBerawal dari pengetahuan penulis mengenai sistem pembelajaran bahasa\r\ndan teori belajar konstruktivisme, penulis tertarik untuk mengkaji sistem\r\npembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al\r\nFalaah Pandak Bantul perspektif konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmendeskripsikan; 1) Sistem pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs N\r\nGondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul, 2) Proses pembelajaran\r\nkemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak\r\nBantul perspektif Konstruktivisme, 3) Persamaan dan perbedaan pembelajaran\r\nkemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak\r\nBantul, 4) Hambatan dan solusinya dalam pembelajaran kemahiran bahasa Arab\r\ndi MTs N Gondowulung dan MTs Al Falaah Pandak Bantul. Metode yang\r\ndigunakan dalam pengumpulan data adalah observasi pembelajaran, wawancara\r\nterhadap guru mata pelajaran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dan MTs Al\r\nFalaah Pandak Bantul serta dokumentasi.\r\nHasil penilitian menunjukkan bahwa sistem dan praktik pembelajaran\r\nkemahiran bahasa Arab di MTs N Gondowulung dengan perspektif\r\nkonstruktivisme sudah dipraktikkan pada masing-masing kemahiran bahasa Arab.\r\nNamun pada proses pembelajaran kemahiran bahasa Arab terdapat beberapa\r\nkendala, diantaranya adalah SDM siswa dalam hal membaca dan menulis bahasa\r\nArab kurang. Selain itu belum dimaksimalkannya penggunaan media\r\npembelajaran yang ada. Kendala tersebut dapat diatasi dengan ekstrakurikuler\r\nmembaca al-Qur‟an yang dilaksanakan setiap hari jum‟at siang. Adapun terkait\r\npengoptimalan penggunaan media pembelajaran, dari pihak guru akan lebih\r\nberusaha giat lagi dalam pengadaan media pembelajaran.\r\nAdapun praktik pembelajaran kemahiran bahasa Arab di MTs Al Falaah\r\nPandak Bantul berlangsung dengan baik. Kendala yang dihadapi dalam\r\npembelajaran adalah daya serap siswa dan fasilitas pembelajaran, termasuk media\r\npembelajaran yang kurang. Untuk menanggulangi hal tersebut guru bahasa Arab\r\nmemberikan tugas tidak terstruktur kepada siswa tertentu yang memang dianggap\r\nkurang dalam daya serap pembelajaran bahasa Arab."^^ . "2017-01-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411071"^^ . "SYAMSUL HADI, SPDI"^^ . "NIM. 1420411071 SYAMSUL HADI, SPDI"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Text)"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Text)"^^ . . . "1420411071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "SISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB\r\nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME\r\n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #24600 \n\nSISTEM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB \nPERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME \n(STUDI ANALISIS DI MTS N GONDOWULUNG DAN MTS AL FALAAH PANDAK BANTUL)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .