<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015)"^^ . "Tesis ini meneliti tentang genealogi pemikiran pendidikan dalam sistem\r\nperkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), yaitu salah satu organisasi\r\nperkaderan Muhammadiyah yang fokus di dunia pelajar dan pendidikan. Untuk\r\nmendidik para anggotanya, IPM memiliki pedoman pelatihan yang disebut\r\ndengan Sistem Perkaderan Ikatan (SPI). Melalui SPI, ideologi dan paradigma\r\nberpikir IPM ditanamkan kepada para anggotanya. Sejak kelahiran IPM\r\n(1961), SPI mengalami 4 (empat) kali rekonstruksi yaitu SPI Merah (1986),\r\nSPI Biru (1994), SPI Hijau (2002), dan SPI Kuning (2014). Menariknya\r\nrekonstruksi SPI selalu disertai dengan perubahan orientasi pendidikan. Atas\r\ndasar itu, penelitian ini akan menjawab permasalahan yang mencakup\r\ndinamika perubahan, gagasan pendidikan, dan karakter kader dalam sistem\r\nperkaderan IPM. Untuk menjawab permasalahan tersebut, tesis ini\r\nmenggunakan kerangka teori genealogi (Foucault), gagasam pendidikan\r\n(Knight), dan sosiologi pengetahuan (Berger dan Luckmann), yakni\r\neksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi serta menggunakan pendekatan\r\nsejarah pemikiran.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan pemikiran pendidikan,\r\nselalu diawali perubahan politik dan rezim intelektual. Pertama, dinamika\r\nperubahan sistem perkaderan IPM menunjukkan bahwa SPI Merah lahir di era\r\nrezim Orde Baru I yang mengeluarkan kebijakan Pancasila sebagai asas\r\ntunggal. Dengan doktrin \"Tri Tertib\" (Tertib Ibadah, Tertib Belajar dan Tertib\r\nOrganisasi) menunjukkan paradigma developmentalisme IPM. SPI Biru lahir\r\npasca perubahan IPM menjadi IRM akibat kebijakan otoriter Orde Baru II,\r\nyaitu tidak ada organisasi pelajar selain OSIS di sekolah Paradigma SPI Biru\r\nsama dengan SPI Merah, namun lebih pragmatis-inklusif. SPI Hijau lahir\r\nsebagai pendukung manifesto GKT (Gerakan Kritis-Transformatif) di era\r\nReformasi, lebih menampilkan gerakan populis. SPI Kuning lahir setelah\r\nperubahan nama IRM ke IPM atas desakan Muhammadiyah. Karena itu SPI\r\nKuning sebagai pendukung konsep GPB (Gerakan Pelajar-Berkemajuan) di era\r\nkosmopolitan.\r\nKedua, perubahan sistem perkaderan IPM berpengaruh pada perubahan\r\ngagasan pendidikan. SPI Merah yang bercorak doktrinal-konservatif termasuk\r\npendidikan aliran perenialisme, karena menggunakan kurikulum konvensional\r\ndan lebih berorientasi pada kesalehan individual. SPI Biru yang bercorak\r\nliberal-pragmatis termasuk pendidikan aliran esensialisme, karena meskipun\r\nmenggunakan kurikulum konvensional, tetapi fleksibel, inklusif dan fokus pada\r\nketerampilan hidup. SPI Hijau yang bercorak kritis-partisipatoris lebih dekat\r\ndengan aliran progresivisme, karena menggunakan kurikulum pendidikan\r\npopuler dan berorientasi pada masalah-masalah aktual. SPI Kuning yang\r\nix\r\nbercorak integratif-interkonektif dapat dimasukkan pendidikan aliran\r\nrekonstruksionisme, karena menggunakan kurikulum tematik yang sesuai\r\ndengan problem aktual, tetapi beorientasi pada masa depan.\r\nKetiga, karakter kader dipengaruhi dinamika perubahan dan gagasan\r\npendidikan sistem perkaderan IPM. Dalam SPI Merah lebih banyak\r\nmenerapkan metode pedagogi, indoktrinasi dan problem solving, sehingga\r\nmelahirkan \"generasi militan\" yang ideologis. SPI Biru menerapkan metode\r\npedagogis sekaligus andragogi disertai analisis SWOT, maka melahirkan\r\n\"generasi kreatif\". SPI Hijau menggunakan metode andragogi, partisipatoris,\r\ndemokratis dan ANSOS (Analisis Sosial) untuk membentuk karakter \"generasi\r\nkritis\". SPI Kuning dengan pendekatan integratif-interkonektif antara\r\npedagogi, andragogis, dan heutagogi dan Appreciative Inquiry (AI) sebagai\r\npendekatan inovasi sosial, maka SPI Kuning diarahkan pada pembentukan\r\n\"generasi progresif\" yang mampu membaca dan menangani problem sosial\r\nberdasarkan al-Qur‟an dan al-Sunnah dan sains di era global yang dilandasi\r\netika agamis dan kosmopolitan."^^ . "2017-01-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411076"^^ . "AZAKI KHOIRUDIN, SPDI"^^ . "NIM. 1420411076 AZAKI KHOIRUDIN, SPDI"^^ . . . . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Text)"^^ . . . "1420411076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Text)"^^ . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM\r\nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH\r\n(1961-2015) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24602 \n\nGENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM SISTEM \nPERKADERAN IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH \n(1961-2015)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .