%0 Thesis %9 Skripsi %A ARINA SALSABILA, NIM. 12210087 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:24610 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Citra Politik, Semiotika, Partai Perindo. %P 101 %T REPRESENTASI CITRA POLITIK HARRY TANOESOEDIBJO DALAM VIDEO KLIP MARS PARTAI PERINDO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24610/ %X Campur tangan media dalam pemberian citra suatu realitas politik, tentu menjadi fungsi utama pada komunikasi politik. Pembangunan citra politik terhadap partai politik atau aktor politik sangat penting terhadap pencapaian masing-masing kelompok untuk mencapai tujuan politiknya. Oleh karena itu, politik pencitraan memiliki peran penting bagi politisi, demi menentukan karir kepolitikannya. Citra politik merupakan representasi seorang pemimpin politik. Tayangan televisi yang dianalisis penelitian ini adalah video klip mars prtai Perindo versi Deklarasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian isi kritis dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah semiotika menurut Charles Sanders Pierce. Data utama dalam penelitian ini adalah video klip mars prtai Perindo versi Deklarasi dan data pendukung adalah data-data yang diperoleh dari media massa seperti internet dan televisi yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari rekaman video klip mars partai Perindo. Setelah melakukan penelitian, peneliti mengambil kesimpulan bahwa citra politik yang ingin ditampilkan dalam iklan partai Perindo adalah sosok Hary Tanoe yang merangkul masyarakat ekonomi lemah karena mereka merupakan pondasi agar terciptanya Indonesia yang sejahtera. Hary Tanoe juga sosok yang sangat mengakui pluralitas yang ditandai dengan ikon, indeks dan simbol yang muncul dalam iklan yang menggambarkan keberagaman rakyat Indonesia. %Z Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos, M.Si