eprintid: 24614 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/46/14 datestamp: 2017-03-17 02:47:08 lastmod: 2017-03-17 02:47:08 status_changed: 2017-03-17 02:47:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISNAENI NOFIANA PUTRI, NIM. 12210069 title: CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK) ispublished: pub subjects: KD subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Citra Islami Perempuan, Hijab Hunt, Juri dan Finalis note: Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil., abstract: Media massa merupakan pusat dari kajian komunikasi massa. Lahirnya media masa, merupakan salah satu kemajuan dari dunia informasi dan komunikasi. Media massa mempunyai pengaruh yang penting bagi khalayak atau masyarakat. Khalayak atau masyarakat biasanya akan menganggap penting apapun yang disiarkan oleh media. Ketika memberitakan atau menayangkan sesuatu, media seringkali menimbulkan budaya baru dikalangan masyarakat. Apalagi saat ini Indonesia semakin mencitrakan dirinya sebagai Negara industri yang modern. Media massa, secara tidak langsung memberikan dampak atau budaya baru dalam masyarakat Indonesia. Televisi menjadi salah satu media yang banyak diminati oleh masyarakat, mulai anak-anak hingga orang tua. Banyaknya acara televisi yang semakin beragam memberikan dampak positif dan negative bagi masyarakat. Salah satu program acara Hijab Hunt 2015 ini membrikan dampak positif. Acara Hijab Hunt mencoba membangun kembali citra Islami perempuan. Dengan memberikab contoh-contoh dan gambaran-gambaran untuk menjadi Muslimah yang berkepribadian Islami. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran perempuan Islam Indonesia mengenai citra Islam dalam acara Hijab Hunt, dan membangun citra Islam yang semakin memudar di zaman modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori semiotika dari Charles Sanders Peirce, dengan menggunakan pemaknaan Sign (tanda), objek dan interpretant, sesuai teori segitiga makna (triangle meaning) Peirce. Penulis menganalisis citra Islami perempuan yang dibangun dalam acara Hijab Hunt 2015. Yang petama citra Islami perempuan dalam perspektif Islam yang kedua dalam perspektif media. Citra Islami perempuan dalam perspektif Islam meliputi : taat kepada perintah Allah (sabar dan berbakti kepada orang tua), menegakkan nilai-nilai dan ajaran Islam seperti tolong menolong, memiliki akhlak yang baik, menjaga kehormatan dan pandangan (menutup aurat), motivasi, dan Muslimah yang berpendidikan. Yang kedua citra Islami perempuan dalam perspektif media meliputi : citra pigura (perempuan dalam menjaga kehormatan dan pandangan), citra pilar (Muslimah yang berpendidikan), citra pinggang (motivasi), citra peraduan tidak terdapat dalam program Hijab Hunt karena saat ini media tidak lagi memandang perempuan sebagai pemuas kebutuhan seksual dan citra pergaulan (Muslimah yang memiliki akhlak yang baik) date: 2017-01-19 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ISNAENI NOFIANA PUTRI, NIM. 12210069 (2017) CITRA ISLAMI PEREMPUAN DALAM PROGRAM HIJAB HUNT DI TRANS 7 (ANALISIS SEMIOTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24614/1/12210069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24614/2/12210069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf