eprintid: 2462 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/24/62 datestamp: 2013-07-23 13:45:32 lastmod: 2017-03-16 08:49:22 status_changed: 2012-05-04 16:42:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zumaroh Nur Fajrin NIM. 04471161, title: REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogjakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Rekonstruksi, Paradigma, Pemikiran, Pedidikan, Pesantren, Ilmu Pengetahuan, Teknologi note: Pembimbing : Drs. Abd. Rachman Assegaf, MA. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada pondok pesantren Al-Munawwir komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran terhadap dunia Islam khususnya dunia pendidikan pesantren tentang seluk beluk ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Pondok Pesantren dan yang menjadi subjek adalah pengasuh, pengurus dan santri yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Alternatif paradigma proses penyelenggaraan pendidikan yang telah dipakai oleh pengasuh Ponpes Al-Munawwir komplek Nurussalam Putri ini adalah Paradigma Inquery vs. sistem penyampaian karena seiring dengan laju pesatnya gerak pembangunan, pengasuh pesantren Nurussalam Putri akhirnya memberikan izin bagi santrinya yang ingin menggunakan teknologi informasi di dalam lingkungan pesantren dengan syarat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. (2) Implikasi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi paradigma pemikiran pendidikan di PP. Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri yaitu terjadi berbagai dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif yang terlihat di pesantren Nurussalam setelah peran teknologi informasi masuk dalam pesantren ini. (3) Implementasi Rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yaitu melalui aktivitas-aktivtas yang dikerjakan para santri baik itu aktivitas individu maupun kerja tim sebagai contoh dalam pembuatan bulletin maupun dalam keterampilan-keterampilan yang dilakukan para santri dengan media teknologi yang telah disediakan maupun yang dimiliki sendiri. date: 2009-06-04 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-06-04 12:35:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--zumarohnur-2164-1-zumaroh-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/44/digilib-uinsuka--zumarohnur-2164-1-zumaroh-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2537 ; nama file lama : ZUMAROH NUR FAJRIN 04471161 REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 7388975 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-06-04 12:35:27 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--zumarohnur-2164-1-zumaroh-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/44/digilib-uinsuka--zumarohnur-2164-1-zumaroh-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2537 ; nama file lama : ZUMAROH NUR FAJRIN 04471161 REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 7388975 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Zumaroh Nur Fajrin NIM. 04471161, (2009) REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (Studi pada Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogjakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2462/9/medium.jpg