%0 Thesis %9 Skripsi %A TAUFIK UMAR, NIM. 10210028 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:24620 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Jihad , Sang Kiai, Semiotika %P 127 %T SEMANGAT JIHAD KH. HASYIM ASY’ARI DALAM FILM SANG KIAI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24620/ %X Sang Kiai merupakan sebuah film karya anak bangsa yang ditampilkan kepada rakyat Indonesia, diproduksi oleh Rapi Films dan disutradarai oleh Rako Prijanto. Film ini merupakan film yang bertemakan tentang kepahlawanan yang menceritakan tentang seorang pejuang kemerdekaan sekaligus pendiri “Nahdatul Ulama” dari Jombang, Jawa Timur yakni Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari. Penelitian ini mengambil judul: “Semangat Jihad KH. Hasyim Asy’ari Dalam Film Sang Kiai. Peneliti berusaha memahami adanya semangat jihad yang di laksanakan tokoh KH. Hasyim Asy’ari berdasarkan kajian teori semiotika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana semangat jihad KH. Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis kritis. Teknik analisis data menggunakan teori semiotika model Umberto Eco. Melalui analisis semiotik inilah peneliti mampu memahami serangkaian tanda yang terdapat pada scene-scene (adegan-adegan) dalam Sang Kia Adapun Subjek dari penelitian ini adalah film Sang Kiai. Sedangkan Objek penelitian adalah semangat jihad yang direpresentasikan oleh K.H Hasyim Asy’ari dalam film Sang Kiai. Berdasarkan pada penanda dan petanda yang terdapat pada beberapa adegan (scene) baik secara tanda verbal maupun non-verbal (visual), penulis telah mengambil bagian-bagian yang tampak sebagai perwujudan semangat jihad KH. Hasyim Asy’ari dalam isi film Sang Kiai. Hal ini dikemukakan sesuai dengan tiga jenis jihad dalam Islam, yakni jihad mutlaq, hujjah, dan ‘amm. %Z Mohammad Zamroni, Sos.I, M. Si