eprintid: 24640 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/46/40 datestamp: 2017-03-23 02:45:46 lastmod: 2017-03-23 02:45:46 status_changed: 2017-03-23 02:45:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANDIKA SETYANA, NIM. 12670023 title: ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Deskriptif Kuantitatif, E-Learning, Beban Kerja Guru, Produktivitas Kerja, Hasil Belajar Siswa. note: Karmanto, S.Si., M.Sc. abstract: Adanya peraturan beban kerja guru dari pemerintah membuat guru harus benarbenar bisa mengatur waktu dengan baik supaya siswa bisa mendapat hasil belajar yang maksimal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media e-learning. Maka peneliti melakukan kajian deskriptif komparasi mengenai dampak e-learning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam waktu satu semester dan hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning serta hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan e-learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai dampak e-learning terhadap aktivitas kerja guru adalah deskriptif yaitu menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, angket dan analisis dokumen. Kemudian metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai hasil belajar siswa adalah kuantitatif, yaitu menggunakan uji t untuk mengkaji hasil belajar siswa melalui dokumen nilai UH siswa dari kelas yang sudah memanfaatkan e-learning dan nilai UH siswa dari kelas yang belum memanfaatkan e-learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak e-learning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam satu semester adalah membantu guru memberikan referensi dan tugas kepada siswa, membantu melaksanakan UH, membantu mengoreksi hasil pekerjaan siswa yang sifatnya pilihan ganda dan membuat guru memiliki waktu untuk mengerjakan tugas lain. Hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning dengan hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan elearning berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai sig. 0,037. date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANDIKA SETYANA, NIM. 12670023 (2017) ANALISIS PERAN E-LEARNING TERHADAP BEBAN KERJA GURU KIMIA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24640/2/12670023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24640/1/12670023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf