<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS)"^^ . "Jamaluddin Shiddiq, Model Pembelajaran Bahasa Arab di Ma‟had al-Jami‟ah Walisongo\r\nSemarang, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016.\r\nMa‟had al-Jami‟ah Walisongo Semarang adalah salah satu lembaga yang\r\nmenyelenggarakan pendidikan dengan konsep integrasi kampus-pesantren. Banyak\r\nkeunikan dan kekhasan yang menurut penulis menjadi alasan untuk diteliti, diantaranya\r\nletak strategis ma‟had di lingkungan kampus, tenaga pengajar yang mayoritas alumnus luar\r\nnegeri, metode yang dipakai variatif, program ma‟had yang khas, keberadaan ma‟had yang\r\nmampu membekali kompetensi bahasa para santriwati dan kontribusi ma‟had yang tidak\r\nkecil bagi tercapainya prestasi baik di tingkat lokal maupun regional.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran dalam lembaga tersebut\r\nyang meliputi empat aspek, yaitu: 1) basis teori pembelajaran, 2) tujuan instruksional, 3)\r\nsintaks pembelajaran, dan 4) pengelolaan lingkungan belajar. Metode yang digunakan\r\ndalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji\r\nkeabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) basis teori pembelajaran di ma‟had terdiri dari:\r\nteori behavioral, teori belajar sosial, konsep structure of knowledge, psikologi tentang\r\nmeaningful verbal learning, ide cognitive pshycology, teori experiential learning, dan teori\r\npemrosesan informasi. 2) tujuan instruksional pembelajaran bahasa di ma‟had, adalah\r\npembelajaran dirancang untuk mendapatkan pengetahuan faktual, pengetahuan deklaratif,\r\ndan agar siswa mempunyai perilaku kooperatif dan sosial, dan penerimaan antarkelompok;\r\n3) sintaks pembelajaran bahasa Arab di ma‟had, dibedakan menurut jenis model\r\npembelajarannya, yaitu: a) model pembelajaran langsung, terdiri dari lima tahap aktivitas,\r\nyaitu: orientasi, presentasi, praktik yang terstruktur, praktik di bawah bimbingan, dan\r\npraktik mandiri, b) model pembekalajaran presentasi, terdiri dari tiga tahap, yaitu:\r\npresentasi advance organizer, presentasi tugas pembelajaran, atau materi pembelajaran dan\r\npenguatan pengolahan kognitif; c) model pembelajaran koooperatif, terdiri dari:\r\nmempresentasikan tujuan dan establishing set, mempresentasikan informasi,\r\nmengorganisasikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam tim-tim belajar,\r\nmembantu kerja tim dan pembelajaran, menguji materi belajar dan memberikan pengujian;\r\n4) pengelolaan lingkungan belajar, dibedakan menurut model pembelajarannya, yaitu: a)\r\ndalam model pembelajaran langsung, pengajar menstrukturasikan lingkungan belajarnya\r\ndengan sangat ketat mempertahankan fokus akademis dan berharap pelajar menjadi\r\npengamat, pendengar dan partisipan yang tekun; b) dalam model pembelajaran presentasi,\r\npengajar membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, dan dalam tiap kelompok ada 2\r\nperan, presentator dan pendengar yang masing-masing punya fungsi dan tugas tertentu; dan\r\nc) dalam model pembelajaran kooperatif, lingkungan dikelola berdasarkan struktur tugas\r\ndan struktur reward yang bersifat kooperatif bukan kompetitif."^^ . "2017-01-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420411139"^^ . "JAMALUDDIN SHIDDIQ"^^ . "NIM. 1420411139 JAMALUDDIN SHIDDIQ"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Text)"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Text)"^^ . . . "1420411139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG\r\n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA\r\nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #24661 \n\nMODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB \nDI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG \n(STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA \nARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .