%0 Thesis
%9 Skripsi
%A UNWANAL FATHI, NIM. 12110040
%B Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
%D 2017
%F digilib:24666
%I UIN Sunan Kalijaga
%K TAJAHUL AL 'ARIF, SURAT AL KAHFI, SURAH YUNUS, USLUB AL BADI'
%P 76
%T TAJAHUL AL 'ARIF FI SURAT AL KAHFI WA SURAH YUNUS (DIRASAH FI USLUB AL BADI')
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24666/
%X Al Qur’an adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad  dengan gaya bahasa Arab yang tingi yang kemukjizatannya terdapat pada lafadz  dan juga maknanya. Al Qur’an di dalam penyampaiannya terdapat berbagai  bentuk uslub, diantaranya adalah berupa pertanyaan. Pertanyaan di dalam Al-  Qur’an sering kali tidak ditujukan untuk mencari jawaban dari lawan tutur,  melainkan untuk makna lain serta untuk memperindah yang dalam ilmu badi’  dikenal dengan uslub Tajahul al-’Arif.  Surat Al-Kahfi dan Surat Yunus merupakan surat di dalam Al-Qur’an  yang di antara beberapa ayatnya disampaikan menggunakan uslub ini, di samping  memperhatikan keindahan secara maknanya. Ayat pertama yang mengandung  uslub ini dari kedua surat tersebut ditujukan oleh Allah untuk pengingkaran atas  takjubnya orang-orang kafir terhadap pengutusan Muhammad SAW sebagai nabi,  dan takjubnya mereka terhadap kisah Ashab al-Kahfi.  Beberapa permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah :  1. Apa Aspek-aspek yang mendasari Uslub Tajahul al-‘Arif ?  2. Apa unsur-unsur Tajahul al-‘Arif ?  3. Apa makna Tajahul al-‘Arif yang terdapat pada Surat al-Kahfi dan  surat Yunus?  Untuk menganalisis permasalahan ini penulis melakukan pendekatan  melalui kajian Ilmu Badi’. Di samping itu, penulis dalam memahaminya juga  melibatkan pendekatan konteks yang menjadi latar belakang keluarnya tuturan  dengan menggunakan uslub ini untuk mengetahui tujuan serta makna yang  dikehendaki oleh penutur dengan menggunakan uslub ini.  Berdasarkan urainan di atas dan setelah melakukan penelitian, terdapat  29 ayat pada surat al-Kahfi dan surat Yunus yang mengandung uslub Tajahul al-  ‘Arif. Adapun beberapa maksud penggunaannya antara lain: at-Taubikh, al-Inkar,  al-Juhd, an-Nafy, at-Taqrir wa at- Taubikh, as-Sakhriyyah wa al-Istihza’, at-  Ta’ajjub wa al-Inkar, at-Taubikkh wa at-Taqrir, at-Tahakkum wa al-Haz’, an-  Nafyi, at-Taqri’, at-Taqrir, al-Inkar wa at-Taubikh, at-Tasliyah
%Z Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.