%0 Thesis %9 Skripsi %A NAJID AZMA, NIM. 12670036 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2017 %F digilib:24691 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pengembangan, android, struktur atom, %T PENGEMBANGAN ANDROBOOK KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA TULI KELAS X SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24691/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk aplikasi Androbook serta mengkaji kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia SMA/MA, dan respon siswa Tuli. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan peer review, untuk kemudian dinilaikan pada guru kimia SMA/ MA yang pernah mengajar siswa difabel. Produk juga direspon oleh siswa Tuli. Penilaian produk meliputi 6 aspek penilaian dan angket respon untuk mengetahui keberfungsian produk sebagai media belajar mandiri siswa Tuli. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Karakteristik aplikasi Androbook Kimia Materi Struktur Atom sebagai media belajar mandiri adalah berupa aplikasi android berformat .apk yang memuat penjelasan dan latihan soal materi Struktur Atom dengan struktur kata yang disesuaikan dengan Bahasa komunikasi siswa Tuli, serta dilengkapi dengan menu Kamus untuk membantu siswa Tuli belajar mandiri dalam memahami materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, aplikasi Androbook yang dikembangkan mendapatkan skor 68 dengan persentase keidealan 80% sehingga dikategorikan Baik (B). Penilaian ahli media mendapatkan skor 45 dari 50 dengan persentase keidealan 90% sehingga masuk kategori Sangat Baik (SB). Adapun penilaian menurut guru kimia, produk mendapatkan skor 236 dengan persentase keidealan 87,41% dan kualitas Sangat Baik (SB). Respon dari siswa Tuli menghasilkan skor 37 dengan persentase keidealan 77,08% sehingga dapat dikatakan aplikasi cukup disukai dan dapat menjadi media belajar mandiri siswa Tuli. %Z Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.