%A NIM. 12670038 SURYANTI %O Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si %T PENGEMBANGAN TABEL PERIODIK UNSUR TIGA DIMENSI (TPU 3D) UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SMA/MA %X Menurut salah satu pendidik kimia di sekolah inklusif, metode yang sering digunakan untuk menjelaskan materi Sistem Periodik Unsur adalah metode ceramah dengan media gambar TPU. Akan tetapi, peserta didik difabel netra mengaku kesulitan karena tidak dapat menggambarkan TPU yang belum pernah diraba ataupun dibaca dengan aplikasi pembaca layar (JAWS). Hal ini terkadang menyulitkan pendidik untuk memberi pemahaman kepada peserta didik netra. Penelitian pengembangan TPU 3D merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk peserta didik difabel netra. Tujuan penelitian adalah mengembangkan TPU untuk peserta didik difabel netra dan mengukur kualitas produk dari TPU 3D yang dikembangkan. Penelitian pengembangan TPU 3D untuk peserta didik difabel netra SMA/MA menggunakan model pengembangan 4-D, yang terbatas pada tahap 3-D (Define, Design, Develop). Pengembangan media TPU 3D dibimbing oleh dosen pembimbing, mendapat masukan dari peer reviewer; ahli materi; dan ahli media, masukan dan penilaian dari reviewer, dan mendapat respon dari peserta didik difabel netra. Penilaian produk meliputi tiga aspek penilaian yang dijabarkan dalam 10 kategori penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas TPU 3D Produk TPU 3D terdiri dari dua komponen, yaitu TPU 3D dan lembar informasi. TPU 3D terdiri dari papan TPU dan bola atom, dimana papan TPU merupakan bentuk tiga dimensi dari TPU awas/standar, sehingga peserta didik difabel netra dapat memvisualisasikan TPU melalui indera peraba. Bola atom yang dibuat berbeda dapat membantu peserta didik difabel netra memahami dan melihat perbedaan sifat keperiodikan unsur tanpa membaca modul braille/ buku pelajaran elektronik. Adapun lembar informasi berisi materi konfigurasi elektron, aturan penentuan letak unsur, dan sifat keperiodikan unsur yang dapat dibaca peserta didik difabel netra karena menggunakan huruf braille. Menurut penilaian reviewer, media TPU 3D memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dari aspek materi dan penyajian, sementara dari aspek tampilan bahan memiliki kualitas baik. Menurut hasil respon peserta didik difabel netra media TPU 3D memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dari aspek materi, aspek penyajian memiliki kualitas Baik (B), sedangkan aspek tampilan dan bahan memiliki kualitas Kurang (K). Menurut mahasiswa difabel netra, aspek materi memiliki kualitas Sangat Baik (SB), sementara aspek penyajian dan tampilan memiliki kualitas Baik (B). %K Pengembangan, TPU 3D, Lembar Informasi, Difabel Netra, Inklusif, Media Pembelajaran %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib24692