%A NIM. 12410140 ARDIAN RAMADHAN %O Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. %T HUBUNGAN MINAT BACA BUKU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR ASPEK KOGNITIF PAI KELAS IX SMP N 1 KALIBAWANG, KULON PROGO, TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X Ardian Ramadhan. Hubungan Minat Baca Buku dengan Prestasi Belajar Aspek Kognitif PAI Kelas IX SMP N 1 Kalibawang, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah degradasi peringkat SMP N 1 Kalibawang, yang diambil berdasarkan nilai murni PAI UASBN sekabupaten Kulon Progo. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal maupun eksternal, salah satunya adalah minat baca buku PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Minat Baca Buku Dengan Prestasi Belajar Aspek Kognitif Kelas IX SMPN 1 Kalibawang, Kulon Progo, Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Kalibawang, Kulon Progo, Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 95 siswa yang terdiri dari kelas IXA, IXB, IXC, dan IXD dengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan semua butir soal yang berjumlah 30 terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.876 untuk Minat baca buku dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca buku kelas IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kategori sedang. 66.35% siswa kelas IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kelompok 86-101. (2) Prestasi belajar aspek kognitif PAI kelas IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kategori sedang. 85.3% siswa kelas IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kelompok 78-84. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara Minat baca buku dengan prestasi belajar aspek kognitif siswa, semakin tinggi minat baca buku siswa maka semakin tinggi prestasi belajar aspek kognitif PAI siswa dan semakin rendah minat baca buku siswa semakin rendah pula prestasi belajar aspek kognitif PAI siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,849 dan Angka sig. (2-tailed) 0,0000.005 %K Minat Baca Buku, Prestasi Belajar Aspek Kognitif PAI. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib24784