eprintid: 24791 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/47/91 datestamp: 2017-03-27 07:07:57 lastmod: 2017-03-27 07:07:57 status_changed: 2017-03-27 07:07:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: VITA RISANDARI, NIM. 12480005 title: PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Penggunaan Gawai, Prestasi Belajar, Mahasiswa note: Penggunaan Gawai, Prestasi Belajar, Mahasiswa abstract: Vita Risandari, "Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah penggunaan gawai berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 2) seberapa besar sumbangan pengaruh penggunaan gawai terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan gawai dan variabel dependennya adalah prestasi belajar mahasiswa. Pada penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah 486 mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada responden sebanyak 83 mahasiawa yang berasal dari Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Angkatan 2012 sampai angkatan 2015. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. Analisa data menggunakan uji korelasi dan model analisa regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh antara penggunaan gadget terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga. Hal ini ditunjukkan dengan uji regresi linier sederhana, yaitu diketahui persamaan garis regresi linier yaitu Y = 4,091 + -0,024 X. Nilai signifikasi yang diperoleh adalah 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05). Dengan demikian Ha di terima dan Ho di tolak. Besar pengaruh penggunaan gawai memberikan kontribusi negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa yang artinya semakin berkurang penggunaan gawai maka prestasi belajar mahasiswa semakin meningkat, 2) besar sumbangan pengaruh penggunaan gawai terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat dilihat pada hasil R Square adalah 0,201 yang artinya penggunaan gawai mahasiswa Prodi PGMI memberikan sumbangsih terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 20% dan sisanya di pengaruhi oleh faktor yang lain di luar penelitian ini. date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: VITA RISANDARI, NIM. 12480005 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24791/2/12480005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24791/1/12480005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf