relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24796/ title: DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB (STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL) creator: ERNI FEBRIANTI, NIM. 12480030 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: ERNI FEBRIANTI. Deskripsi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru yang Berlatar Belakang Pendidikan non-PLB (Studi Kasus Guru Di SDLB Maarif Kowen, Timbulharjo, Sewon, Bantul). Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017. Siswa yang memiliki kebutuhan khusus juga memili hak untuk memperoleh pendidikan. Pemerintah telah menyediakan fasilitas dengan mendirikan sekolah-sekolah luar biasa. Sebagai tenaga pendidik dengan siswa berkebutuhan khusus seharusnya memiliki kompetensi yang memadai baik yang diperoleh dengan pendidikan formal maupun non-formal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru non-PLB, dan Guru lain di sekolah. Yang ingin diteliti pada penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional guru dengan latar belakang pendidikan non-PLB. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) kompetensi pedagogik guru: guru sudah memahami kekurangan fisik peserta didik, mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar peserta didik. Guru sudah mampu memahami teori belajar yang digunakan dan mengaitkan materi dengan kehidupan peserta didik. Guru melakukan upaya untuk menyelenggarakan upaya pembelajaran yang mendidik dengan menanmkan nilai-nilai kepada peserta didik. Guru sudah melakukan upaya mengembangkan potensi peserta didik dengan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler pramuka dan iqra. Guru sudah berkomunikasi dengan beik dengan peserta didik. Guru sudah melakukan kegiatan evaluasi baik dalam pembelajaran, UTS, dan UAS. Tetapi ada hal yang kurang, yaitu: belum ada upaya untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, strategi, metode dan media yang digunakan relatif sama dan belum bervariasi, guru belum mampu mengembangkan kurikulum karena belum menggunakan RPP, guru belum memanfaatkan kegiatan evaluasi karena belum ada kegiatan remidial dan pengayaan, serta guru belum melakukan tindakan reflektif. 2) kompetensi profesional guru: guru sudah mampu menguasai materi yang menjadi tanggung jawabnya, guru mampu mengembangkan materi sesuai dengan kemampuan dan perkembangan peserta didik, guru melakukan upaya meningkatkan keprofesinalan dengan membaca dan mencari informasi baik dari buku atau internet, dan guru sudah mampu menggunakan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan. Tetapi ada hal yang dirasa kurang, yaitu: guru belum mampu menguasai SD dan KD yang diampu, guru belum melakukan tindakan reflektif. 3) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi: sekolah melakukan kegiatan pelatihan, menyediakan perpustakaan dan internet, serta meminta guru terus belajar dengan membaca buku atau menambah wawasan melalui internet. Tapi ada hal yang kurang yaitu: belum adanya bacaan bagi guru di perpustakaan, belum adanya persatuan guru yang diikuti oleh guru. date: 2017-01-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24796/2/12480030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24796/1/12480030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ERNI FEBRIANTI, NIM. 12480030 (2017) DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB (STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.