<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL)"^^ . "ERNI FEBRIANTI. Deskripsi Kompetensi Pedagogik dan Profesional\r\nGuru yang Berlatar Belakang Pendidikan non-PLB (Studi Kasus Guru Di SDLB\r\nMaarif Kowen, Timbulharjo, Sewon, Bantul). Skripsi. Yogyakarta : Program\r\nStudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan, 2017.\r\nSiswa yang memiliki kebutuhan khusus juga memili hak untuk\r\nmemperoleh pendidikan. Pemerintah telah menyediakan fasilitas dengan\r\nmendirikan sekolah-sekolah luar biasa. Sebagai tenaga pendidik dengan siswa\r\nberkebutuhan khusus seharusnya memiliki kompetensi yang memadai baik yang\r\ndiperoleh dengan pendidikan formal maupun non-formal.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan\r\nmenggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah\r\nKepala Sekolah, Guru non-PLB, dan Guru lain di sekolah. Yang ingin diteliti pada\r\npenelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional guru dengan latar\r\nbelakang pendidikan non-PLB. Pengumpulan data menggunakan teknik\r\nwawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan\r\nmemfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan\r\npenarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukan: 1) kompetensi pedagogik guru: guru sudah\r\nmemahami kekurangan fisik peserta didik, mengidentifikasi potensi dan kesulitan\r\nbelajar peserta didik. Guru sudah mampu memahami teori belajar yang digunakan\r\ndan mengaitkan materi dengan kehidupan peserta didik. Guru melakukan upaya\r\nuntuk menyelenggarakan upaya pembelajaran yang mendidik dengan menanmkan\r\nnilai-nilai kepada peserta didik. Guru sudah melakukan upaya mengembangkan\r\npotensi peserta didik dengan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler pramuka dan\r\niqra. Guru sudah berkomunikasi dengan beik dengan peserta didik. Guru sudah\r\nmelakukan kegiatan evaluasi baik dalam pembelajaran, UTS, dan UAS. Tetapi\r\nada hal yang kurang, yaitu: belum ada upaya untuk mengidentifikasi kemampuan\r\nawal peserta didik, strategi, metode dan media yang digunakan relatif sama dan\r\nbelum bervariasi, guru belum mampu mengembangkan kurikulum karena belum\r\nmenggunakan RPP, guru belum memanfaatkan kegiatan evaluasi karena belum\r\nada kegiatan remidial dan pengayaan, serta guru belum melakukan tindakan\r\nreflektif. 2) kompetensi profesional guru: guru sudah mampu menguasai materi\r\nyang menjadi tanggung jawabnya, guru mampu mengembangkan materi sesuai\r\ndengan kemampuan dan perkembangan peserta didik, guru melakukan upaya\r\nmeningkatkan keprofesinalan dengan membaca dan mencari informasi baik dari\r\nbuku atau internet, dan guru sudah mampu menggunakan TIK untuk\r\nberkomunikasi dan mengembangkan. Tetapi ada hal yang dirasa kurang, yaitu:\r\nguru belum mampu menguasai SD dan KD yang diampu, guru belum melakukan\r\ntindakan reflektif. 3) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi:\r\nsekolah melakukan kegiatan pelatihan, menyediakan perpustakaan dan internet,\r\nserta meminta guru terus belajar dengan membaca buku atau menambah wawasan\r\nmelalui internet. Tapi ada hal yang kurang yaitu: belum adanya bacaan bagi guru\r\ndi perpustakaan, belum adanya persatuan guru yang diikuti oleh guru."^^ . "2017-01-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12480030"^^ . "ERNI FEBRIANTI"^^ . "NIM. 12480030 ERNI FEBRIANTI"^^ . . . . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Text)"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Text)"^^ . . . "12480030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . . "DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU\r\nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB\r\n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO,\r\nSEWON, BANTUL) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #24796 \n\nDESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU \nYANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB \n(STUDI KASUS GURU DI SDLB MAARIF KOWEN, TIMBULHARJO, \nSEWON, BANTUL)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .