@phdthesis{digilib24799, month = {January}, title = {PEMBELAJARAN AL-QUR?AN MELALUI METODE QIROATI STUDI KASUS DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12480056 M ATHFAL MATSWA}, year = {2017}, note = {Dr. Maemonah. M.Ag}, keywords = {Pembelajaran Al-Qur?an, Qiroati}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24799/}, abstract = {M. Athfal Matswa. Pembelajaran Al-Qur?an dengan Metode Qiroati Studi Kasus di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini Dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam tak bisa lepas dari Al-Qur?an karena Al-Qur?an merupakan petunjuk bagi seluruh umat manusia karena di dalamnya terkandung ajaran agama Islam yang mengantarkan segala aspek kehidupan, dan keselamatan hidup manusia. Setiap muslim diwajibkan agar membaca Al-Qur?an secara baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf. Dalam suatu pembelajaran, tidak lepas dari sistem dan model yang diterapkan dalam menyampaikan suatu materi, tidak terkecuali pembelajaran Al-Qur?an. Penerapan metode pendidikan yang ideal dalam proses pembelajaran tidak sekedar menjadi penting bagi pengembangan kreativitas anak didik, tetapi juga sangat menentukan terhadap masa depan pendidikan kita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian pelaksanaan pembelajaran AL-Qur?an yaitu tujuan pembelajaran Al Qur?an mencintai ilmu, dan membaca Al-Qur?an dengan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, materi yang digunakan dengan menggunakan jilid yang sudah disediakan oleh kordinator pusat Qiroati, guru yang mengajakan Qiroati tidak boleh asal guru hanya guru yang mempunyai Syahadah Qiroati saja, metode Qiroati dalam pelaksanaan pembelajaran mencakup tekhnik klasikal dan teknik individual, media yang digunakan yaitu alat peraga klasikal dan individual, dan sistem Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi halaman jilid, evaluasi kenaikan jilid dan IMTAS (Evaluasi setelah jilid selesai). Faktor pendukung dari pembelajaran Al-Qur?an dengan metode Qiroati yaitu guru Qiroati adalah guru yang sudah ditashih dan mempunyai syahadah untuk mengajarkan Qiroati sehingga bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya, serta adanya keaktifan dan semangat dari siswa untuk mengikuti pelajaran Qiroati. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran yaitu berbeda-bedanya kemampuan dan latar belakang siswa, dan sarana prasarana yang kurang memadai dalam kegiatan pembelajaran.} }