eprintid: 24823 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/48/23 datestamp: 2017-03-30 02:40:08 lastmod: 2017-03-30 02:40:08 status_changed: 2017-03-30 02:40:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIANINGSIH, SPD, NIM. 1420410092 title: EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI ispublished: pub subjects: BA divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Efektivitas Konseling, Kelompok Realita, Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa, Ummatan Wasathon Imogiri. note: Dr. Musthofa,.M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok realita guna mereduksi kejenuhan belajar siswa di MA Ummatan Wasathon Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pre-experimental design. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling berdasarkan skor skala kejenuhan belajar dengan kategori tinggi sejumlah lima siswa kelas X. Analisis data menggunakan uji T-Test. Pengumpulan data dengan menggunakan skala kejenuhan belajar, observasi, angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok realita efektif untuk mereduksi kejenuhan belajar siswa MA Ummatan Wasathon Imogiri. Hal tersebut dapat dilihat dari out put perhitungan non parametrik nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,375 2,015. Berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara pereduksian kejenuhan belajar sebelum dan sesudah diberi tindakan. Setelah dicermati lebih lanjut pereduksian kejenuhan belajar diperoleh mean sebelum diberi tindakan konseling kelompok realita adalah 123,40 dan mean setelah diberi tindakan adalah 109,60. Hal tersebut menunjukkan adanya pereduksian kejenuhan belajar. Adapun konseling kelompok realita yang digunakan dengan identifikasi penyebab permasalahan, penyelesaian permasalahan dengan konseling kelompok realita strategi WDEP dan ada evaluasi dan tindak lanjut serta materi tentang berani bermimpi, man jadda wa jadda, manajemen waktu dan tingkatkan ibadah. Dengan adanya materi yang digunakan dalam konseling kelompok realita, sangat tepat untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan belajar dengan memberikan intervensi kepada konseli tentang berfikir masa sekarang dan masa depan dengan mengabaikan masa lalunya. date: 2016-08-03 date_type: published pages: 115 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: RIANINGSIH, SPD, NIM. 1420410092 (2016) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA GUNA MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MA UMMATAN WASATHON IMOGIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24823/1/1420410092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24823/2/1420410092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf