@mastersthesis{digilib24844, month = {November}, title = {KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI PADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY (PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1420410045 MASYKUR ZAINAL MUTTAQIN}, year = {2016}, note = {Dr. Muhajir, M.Ag.,}, keywords = {Kontinuitas, Buku Ajar Bahasa Arab, Perkembangan Kognitif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24844/}, abstract = {Prinsip kontinuitas dalam pengembangan kurikulum mengandung pengertian bahwa perlu dijaga saling keterkaitan dan kesinambungan antara materi pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program pendidikan. Kaitannya dengan kurikulum bahasa Arab pada buku ajar bahasa Arab terbitan Muhammadiyahwilayah D.I. Yogyakarta tingkat MI, MTs dan MA adalah terjadinya stagnasi pada materi dan kompetensi dasar serta tidak jelasnya target kemahiran yang harus dikuasai siswa pada jenjang-jenjang pendidikan tersebut. Sehingga dapat dipastikan bahwa pembelajaran bahasa Arab dari MI sampai MA memiliki kompetensi dasar yang sama dan hanya dibedakan oleh tema-tema bacaannya saja. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti rumusan kompetensi dan kontinuitas materi bahasa Arab tingkat MI, MTs dan MA dalam buku ajar terbitan Muhammadiyah DIY dengan teori perkembangan kognitif Jerome bruner. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu data yang diambil dari dokumen berupa naskah-naskah ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang diperoleh mengenai rumusan kompetensi bahasa Arabadalahterdapat 10 tema materi dan 14 materi qaw{\=a}?id yang sama mulai tingkat MI hingga MA serta ditemukan redaksi yang sama pada kompetensi dasar MTs dan MA dalam buku ajar bahasa Arab terbitan Muhammadiyah DIY. Kemudian dari sampel materi dengan tema ta?{\=a}ruf,bait{\=i}/as sakan dan usrat{\=i},menunjukan bahwa beberapamateri qir{\=a}?ahpada tingkat MI dan MTs berisimateri yang sama yakni tentang mufradat, selain ituterdapat materihiw{\=a}r antara tingkatMI dan MTs yang cenderung tidak ada peningkatan/perbedaan serta ditemukan adanya kesamaan materi qaw{\=a}?idantara tingkatMI, MTs dan MA. Tinjauan peneliti menggunakan teori Jerome Bruner terhadap temuan tersebut adalah; pertama, pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien; kedua, penyusunanmateritidak memenuhi syarat kurikulum spiral Bruner; ketiga,ditinjau dari tiga tahap proses berpikir Bruner, maka materi-materi yang berulang tersebut tidak relevan untuk diaplikasikan. Hal ini disebabkan materi hanya akan bertahan pada tahap informasi dan tidak akan lolos pada tahap transformasi dan uji kelayakan.} }