<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER)"^^ . "Prinsip kontinuitas dalam pengembangan kurikulum mengandung\r\npengertian bahwa perlu dijaga saling keterkaitan dan kesinambungan antara\r\nmateri pelajaran pada berbagai jenjang dan jenis program pendidikan. Kaitannya\r\ndengan kurikulum bahasa Arab pada buku ajar bahasa Arab terbitan\r\nMuhammadiyahwilayah D.I. Yogyakarta tingkat MI, MTs dan MA adalah\r\nterjadinya stagnasi pada materi dan kompetensi dasar serta tidak jelasnya target\r\nkemahiran yang harus dikuasai siswa pada jenjang-jenjang pendidikan tersebut.\r\nSehingga dapat dipastikan bahwa pembelajaran bahasa Arab dari MI sampai MA\r\nmemiliki kompetensi dasar yang sama dan hanya dibedakan oleh tema-tema\r\nbacaannya saja.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk meneliti rumusan kompetensi dan\r\nkontinuitas materi bahasa Arab tingkat MI, MTs dan MA dalam buku ajar terbitan\r\nMuhammadiyah DIY dengan teori perkembangan kognitif Jerome bruner. Jenis\r\npenelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode\r\npenelitian yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Sumber datanya\r\nadalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data\r\nuntuk penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu data yang diambil dari\r\ndokumen berupa naskah-naskah ilmiah yang berkaitan dengan penelitian.\r\nHasil yang diperoleh mengenai rumusan kompetensi bahasa\r\nArabadalahterdapat 10 tema materi dan 14 materi qawā„id yang sama mulai\r\ntingkat MI hingga MA serta ditemukan redaksi yang sama pada kompetensi dasar\r\nMTs dan MA dalam buku ajar bahasa Arab terbitan Muhammadiyah DIY.\r\nKemudian dari sampel materi dengan tema ta„āruf,baitī/as sakan dan\r\nusratī,menunjukan bahwa beberapamateri qirā‟ahpada tingkat MI dan MTs\r\nberisimateri yang sama yakni tentang mufradat, selain ituterdapat materihiwār\r\nantara tingkatMI dan MTs yang cenderung tidak ada peningkatan/perbedaan serta\r\nditemukan adanya kesamaan materi qawā„idantara tingkatMI, MTs dan MA.\r\nTinjauan peneliti menggunakan teori Jerome Bruner terhadap temuan tersebut\r\nadalah; pertama, pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien; kedua,\r\npenyusunanmateritidak memenuhi syarat kurikulum spiral Bruner; ketiga,ditinjau\r\ndari tiga tahap proses berpikir Bruner, maka materi-materi yang berulang tersebut\r\ntidak relevan untuk diaplikasikan. Hal ini disebabkan materi hanya akan bertahan\r\npada tahap informasi dan tidak akan lolos pada tahap transformasi dan uji\r\nkelayakan."^^ . "2016-11-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420410045"^^ . "MASYKUR ZAINAL MUTTAQIN"^^ . "NIM. 1420410045 MASYKUR ZAINAL MUTTAQIN"^^ . . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Text)"^^ . . . . . "1420410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Text)"^^ . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI\r\nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY\r\n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24844 \n\nKONTINUITAS KOMPETENSI DASAR DAN MATERI \nPADA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN MUHAMMADIYAH DIY \n(PERSPEKTIF TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEROME BRUNER)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .