@phdthesis{digilib24959, month = {January}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12680036 ACHMAD SHOCHEB}, year = {2017}, note = {Sulistiyawati, M.Si.,}, keywords = {Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Keanekaragaman Hayati}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24959/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas model discovery learning terhadap pemahaman konsep pada materi keanekaragaman hayati, 2) efektivitas model discovery learning terhadap keterampilan proses siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2. Teknik pengumpulan data baik pemahaman konsep maupun keterampilan proses dilakukan melalui tes (pretest dan posttest). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) model discovery learning efektif terhadap pemahaman konsep siswa (p= 0,017 0,05), 2) model discovery learning efektif terhadap keterampilan proses siswa (p=0,0055 0,05). Hasil uji effect size menunjukkan nilai efektivitas model dioscovery learning terhadap pemahaman konsep sebesar 0,56 dengan kategori sedang, dan terhadap keterampilan proses sebesar 0,66 dengan kategori sedang.} }