%0 Thesis %9 Skripsi %A ACHMAD SHOCHEB, NIM. 12680036 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2017 %F digilib:24959 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Keanekaragaman Hayati %P 155 %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24959/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas model discovery learning terhadap pemahaman konsep pada materi keanekaragaman hayati, 2) efektivitas model discovery learning terhadap keterampilan proses siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2. Teknik pengumpulan data baik pemahaman konsep maupun keterampilan proses dilakukan melalui tes (pretest dan posttest). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) model discovery learning efektif terhadap pemahaman konsep siswa (p= 0,017 0,05), 2) model discovery learning efektif terhadap keterampilan proses siswa (p=0,0055 0,05). Hasil uji effect size menunjukkan nilai efektivitas model dioscovery learning terhadap pemahaman konsep sebesar 0,56 dengan kategori sedang, dan terhadap keterampilan proses sebesar 0,66 dengan kategori sedang. %Z Sulistiyawati, M.Si.,