%A NIM. 12680036 ACHMAD SHOCHEB %O Sulistiyawati, M.Si., %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN GODEAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas model discovery learning terhadap pemahaman konsep pada materi keanekaragaman hayati, 2) efektivitas model discovery learning terhadap keterampilan proses siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2. Teknik pengumpulan data baik pemahaman konsep maupun keterampilan proses dilakukan melalui tes (pretest dan posttest). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) model discovery learning efektif terhadap pemahaman konsep siswa (p= 0,017 0,05), 2) model discovery learning efektif terhadap keterampilan proses siswa (p=0,0055 0,05). Hasil uji effect size menunjukkan nilai efektivitas model dioscovery learning terhadap pemahaman konsep sebesar 0,56 dengan kategori sedang, dan terhadap keterampilan proses sebesar 0,66 dengan kategori sedang. %K Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Keanekaragaman Hayati %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib24959