@phdthesis{digilib24962, month = {February}, title = {PENGARUH METODE MIND MAPPING DISERTAI TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA II}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12680026 ARINA AMNANA}, year = {2017}, note = {Runtut Prih Utami, M.Pd.}, keywords = {Mind Mapping, Make A Match, motivasi belajar, hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24962/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Metode Mind Mapping \& metode Mind Mapping disertai Teknik Make A Match terhadap motivasi belajar siswa, 2) Metode Mind Mapping disertai Teknik Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan tiga kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 3 masingmasing sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan metode Mind Mapping disertai teknik Make A Match, kelas eksperimen II dengan metode Mind Mapping tanpa disertai teknik Make A Match, dan kelas kontrol dengan metode ceramah interaktif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Analysis of Variance untuk data motivasi belajar dan data hasil belajar pretest dan uji Kruskal Wallis untuk data hasil belajar posttest. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode Mind Mapping \& metode Mind Mapping disertai Teknik Make A Match berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik uji Analysis of Variance dengan sig. sebesar 0,000 ( 0,05), 2) Metode Mind Mapping disertai Teknik Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif, dengan hasil pengujian memperoleh nilai statistik uji Kruskal Wallis untuk nilai posttest dengan sig. sebesar 0,000 ( 0,05).} }