eprintid: 24965 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/49/65 datestamp: 2017-04-05 07:22:11 lastmod: 2017-04-05 07:22:11 status_changed: 2017-04-05 07:22:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CICI ANDRIANI, NIM. 12680024 title: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Gender note: Sulistiyawati, M. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender, dan perbedaan hasil belajar biologi antara siswa kelompok yang dicampur dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi berbentuk non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas perlakuan dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal pretes-postes berbentuk soal uraian. Pengolahan data menggunakan analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan (sig. 0,642) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 71,91 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 71,03, serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan (sig. 0,395) antara siswa kelompok yang dicampur yang memiliki rerata 73 dengan siswa kelompok dipisah berdasarkan gender yang memiliki rerata 72. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan perlakuan pengaturan kelompok belajar berdasarkan gender terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. date: 2017-01-17 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: CICI ANDRIANI, NIM. 12680024 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24965/1/12680024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24965/2/12680024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf