%A NIM. 12680022 LAILLA KHUSNUL KHOTIMAH %O Lela Susilawati, S.Pd., M.Si., %T PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS ACCELERATED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK KELAS X SMA/MA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Materi Protista Berbasis Accelerated Learning dengan Pendekatan Saintifik sebagai bahan ajar untuk kelas X SMA/MA dan mengetahui kelayakan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) menggunakan model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari aspek materi, bahasa, dan penyajian. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi dan 2 ahli media, serta dinilai oleh 5 peer reviewer. Uji terbatas dilakukan dengan penilaian keterbacaan produk oleh 2 guru biologi dan 15 siswa SMA kelas X SMA N 8 Yogyakarta dan MAN Yogyakarta II. Data kualitatif yang diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan siswa dikonversi menjadi skor kuantitatif. Kualitas produk menurut penilaian para ahli, peer reviewer, guru dan siswa masing-masing berkategori baik, sangat baik, sangat baik, dan sangat baik dengan persentase ideal berturut-turut 78,75%; 87,65%; 93,92%; dan 82,72%. Kategori kualitas produk secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan skor hasil penilaian 811,64 dan persentase ideal 86,34%. Dengan demikian, Modul Pembelajaran Materi Protista Berbasis Accelerated Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas X SMA/MA sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. %K Protista, Bahan Ajar, Modul, Accelerated Learning, Pendekatan Saintifik %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib24967