<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM)"^^ . "Saat ini banyak sekali terjadi bencana-bencana alam, sebagaimana yang\r\ntelah dirasakan sendiri di Negara Indonesia ini. Begitu banyak bencana alam yang\r\nterjadi itu dapat dikatakan berawal dari ulah tangan-tangan manusia yang tersesat\r\ndalam kebebasan mereka untuk mengambil dan memanfaatkan segala sesuatu\r\nyang ada di bumi ini yang diberikan oleh Allah SWT kepada mereka dalam\r\ntugasnya sebagai khalifah. Fenomena yang terjadi saat ini khususnya di Indonesia\r\ntidak seperti yang seharusnya dilakukan seorang manusia sebagai khalifah,\r\nkebanyakan fakta yang saat ini terlihat, manusia dalam memelihara dan\r\nmengembangkan kehidupan terkadang melampaui batas kewajaran dalam\r\nmengeksploitasi sumber daya yang ada di bumi ini. Sehingga hal itu menimbulkan\r\nkerusakan lingkungan di muka bumi ini.\r\nKerusakan dalam bahasa Arab disebut dengan kata fasad. Al-Qur'an\r\nmenyebutkan fasad dan segala bentuk derivasinya sebanyak 50 kali. Salah satu\r\nayat yang membahas mengenai kerusakan alam ini adalah QS.Ar-Rum ayat 41,\r\ndalam ayat tersebut sudah mencakup hampir keseluruhan dari pembahasan\r\nmengenai fasad ini. Tantawi Jauhari adalah salah satu mufasir yang penafsirannya\r\nbercorak ‘ilmi, dalam penafsirannya beliau banyak mengaitkan dengan ilmu-ilmu\r\npengetahuan.\r\nSeperti penafsirannya terhadap QS.Ar-Rum ayat 41 , dengan mengaitkan\r\nbeberapa hal yakni tentang penyakit-penyakit, tugas manusia sebagai khalifah dan\r\nkesabaran, dapat dilihat dalam penafsirannya. Tantawi membagi kerusakan\r\nlingkungan dalam dua bentuk yakni kerusakan lingkungan yang berasal dari\r\nmanusia dan kerusakan yang berasal dari alam. Yang dimaksud Tantawi dengan\r\nkerusakan lingkungan yang berasal dari manusia yakni kerusakan-kerusakan\r\nakibat hawa nafsu manusia. Bagi Tantawi manusia sebagai khalifah di bumi\r\nseharusnya dapat bersikap adil terhadap sesamanya maupun terhadap makhluk\r\nlainnya, adil yang bagaimana yang dimaksud? Adil maksudnya seperti apabila\r\nmanusia mengambil manfaat dari makhluk lainnya maka ia harus memberikan\r\ntimbal balik sehingga terjadi keseimbangan antara keduanya. Karena\r\nsesungguhnya antara manusia dan makhluk lain serta alam ini sama-sama saling\r\nmembutuhkan. Jika keadilan tersebut sudah dapat tercapai maka manusia baru\r\ndapat dikatakan berhasil dalam tugasnya sebagai khalifah. Sedangkan kerusakan\r\nyang berasal dari alam yakni hewan kecil seperti mikroba dan virus yang\r\nmembawa penyakit. Karena itulah dalam penafsirannya ia menjelaskan mengenai\r\npenyakit.\r\nMenurut Tantawi dalam menghadapi bencana kerusakan-kerusakan\r\nlingkungan yang semakin banyak terjadi manusia harus bersabar, akan tetapi sabar\r\nyang bagaimana yang dimaksud? Sabar yang dimaksud adalah sabar yang berarti\r\nmenahan hawa nafsu. Dan dengan sabar berarti telah mencegah semakin\r\nbanyaknya kerusakan yang terjadi. Akan tetapi sabar tersebut juga harus diikuti\r\ndengan beberapa tindakan penanggulangan terhadap kerusakan-kerusakan yang\r\nterjadi. Begitu penting tugas manusia sebagai khalifah untuk selalu menjaga dan\r\nmelestarikan alam dan bukannya memanfaatkannya secara berlebihan atau\r\nmengeksploitasinya, yang berakibat dengan semakin banyaknya kerusakankerusakan\r\nalam yang terjadi."^^ . "2016-10-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10213684"^^ . "SITI NOOR AINI"^^ . "NIM. 10213684 SITI NOOR AINI"^^ . . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Text)"^^ . . . . . "TESIS-1_SITI NOOR AINI_NIM.10213684.pdf"^^ . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Text)"^^ . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI\r\n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR\r\nAL-QUR’AN AL-KARIM) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24978 \n\nKERUSAKAN LINGKUNGAN MENURUT TANTAWI JAUHARI \n(TELAAH ATAS PENAFSIRAN SURAT AR-RUM AYAT 41 DALAM TASIR AL-JAWAHIR FI TAFSIR \nAL-QUR’AN AL-KARIM)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .