@phdthesis{digilib24991, month = {February}, title = {OPTIMALISASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 12490022 ANDRI KURNIADI}, year = {2017}, note = {Dr. Sigit Purnama, M.Pd}, keywords = {Sistem Informasi Manajemen, EMIS, Layanan Pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24991/}, abstract = {Latar belakang dari penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Sistem Informasi Manajemen (SIM) di lingkungan Kementerian Agama khususnya di seksi Dikmad yang bernama Education Management Information System (EMIS), SIM EMIS masih tergolong baru, karena penerapan aplikasi ini baru dimulai pada tahun 2013 hingga saat ini terusmenerus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam peningkatan layanan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Kementerian Agama Kabupaten Bantul khususnya di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Dikmad serta beberapa staf pegawai operator EMIS yang berada lokasi penelitian. Objek penelitian dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam (in depth interview), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Optimalisasi Pengelolaan SIM meliputi pengumpulan data SIM EMIS dilakukan dengan memaksimalkan kinerja setiap operator madrasah masing-masing, validasi data dilakukan oleh operator SIM EMIS kabupaten untuk kemudian diunggah ke dalam aplikasi online, penyimpanan data EMIS disusun secara rapi berdasarkan folder tiap semester dalam satu tahun, penyajian data dilakukan secara manual dalam bentuk excel diluar aplikasi. (2) Optimalisasi pemanfaatan SIM dilakukan dengan beberapa tahap: (a) identifikasi masalah (b) menentukan alternatif pemecahan masalah (c) implementasi kebijakan (d) evaluasi kebijakan yang telah diterapkan. (3) Optimalisasi penerapan SIM EMIS dalam peningkatan layanan pendidikan telah dilakukan optimal dan sesuai dengan tujuan diterapkannya aplikasi EMIS di Kementerian Agama sebagai pusat data dan informasi pendidikan madrasah yang memadai dalam skala nasional.} }