eprintid: 24992 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/49/92 datestamp: 2017-04-06 07:07:48 lastmod: 2017-04-06 07:07:48 status_changed: 2017-04-06 07:07:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EMELIA MEGASARI, 09470077 title: KONSEP GURU BERPRESTASI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 KOTA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Guru Berprestasi, Pendidikan Islam , Sekolah Dasar note: Drs.M Jamroh Latief, M.Si. abstract: Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Guru Berprestasi di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep guru berprestasi di Sekolah Dasar, yang meliputi syarat guru berprestasi, profil guru berprestasi dan kinerja guru berprestasi, serta guru ideal dalam pendidikan Islam di SD Negeri Lempuyangan 1 Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri Lempuyangan 1 Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Ternik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triaggulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan: konsep guru berprestasi di sekolah dasar harus memenuhi persyaratan antara lain: (1) Persyarat Guru Berprestasi di Sekolah Dasar berdasarkan juknis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan antara lain : Persyaratan Akademik, Persyaratan Administratif, Persyaratan Khusus. (2) Profil guru berprestasi harus memiliki kompetensi yaitu kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional, serta memiliki kinerja yang baik dengan menunjukan nilai PKG amat baik dengan nilai 96,43. (3) Berdasarkan guru ideal Perspektif pendidikan Islam bapak Agus Sutikno hampir memenuhi lima belas sifat, yaitu berjiwa robbani, niat yang benar dan ikhlas, tawadhu’ (rendah hati), khosyyah (takut kepada Allah SWT), zuhud (tidak materialistis), sabar dan tabah hati, menguasai bidang studinya, tetap terus belajar, segera kembali kepada kebenaran, gemar bermusyawarah, mengedepankan kejujuran, bisa diteladani, bersikap adil, penyantun dan pemaaf, serta mengetahui dan memahami tabiat murid. date: 2017-01-26 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EMELIA MEGASARI, 09470077 (2017) KONSEP GURU BERPRESTASI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 KOTA YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24992/1/09470077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24992/2/09470077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf