%0 Thesis %9 Skripsi %A YUSNI LESTARI SIREGAR, NIM. 12680009 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2017 %F digilib:24993 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Identifikasi anggrek, panduan lapangan, sumber belajar. %P 167 %T PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGGREK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24993/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan lapangan identifikasi tumbuhan anggrek dan mengetahui kualitas buku panduan lapangan yang dikembangkan tersebut. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi sampai tahap development sehingga dihasilkan produk berupa buku panduan lapangan identifikasi tumbuhan anggrek. Produk yang dihasilkan dinilai oleh 3 ahli, 5 peer reviewer, 3 guru biologi dan 30 responden siswa kelas X SMA/MA. Instrumen penilaian berupa angket penilaian kualitas produk berbentuk checklist menggunakan skala likert. Hasil penilaian produk menunjukkan bahwa kualitas buku panduan lapangan identifikasi tumbuhan anggrek yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik (B) menurut ahli materi dan masuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut ahli media, ahli bahasa, peer reviewer dan guru biologi dengan persentase keidealan masing-masing adalah 96,92%, 96,92%, 83,25% dan 82,92%. Siswa memberikan respon sangat setuju (SS) terhadap kualitas produk dengan persentase keidealan 85,05%. %Z Dias Idha Pramesti, M.Si.,