relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995/
title: MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah )
creator: Ummi Khabibah, NIM. 12490035
subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
description: Latar belakang penelitian ini berawal dari dikotomi ilmu antara ilmu  umum dan ilmu agama dikalangan masyarakat saat ini, menjadikan madrasah  masih dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Integrasi ilmu menjadi suatu  hal cukup menarik untuk dikaji jika dikaitkan dengan lembaga pendidikan islam.  Untuk itulah peneliti memfokuskan penelitian manajemen kurikulum madrasah  dalam perspektif Integrasi Ilmu yang dicanangkan oleh Badiuzzaman Said Nursi.  Dalam penerapannya peneliti menggunakan Madrasah Aliyah An Nawawi 01  Berjan Purworejo Jawa Tengah sebagai tempat penelitian ini. Tujuan dari  penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep integrasi ilmu Badiuzzaman  Said Nursi dan bagaimana lembaga pendidikan islam mampu menerapkannya  dalam proses pengajarannya.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dipadukan dengan  penelitian literatur atau kajian pustaka. Dengan mengambil latar di Madrasah  Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah dan tokoh Badiuzzaman  Said Nursi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi,  dan wawancara. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik  triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan  dokumentasi akan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi  dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga  dapat ditarik kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Integrasi Ilmu Badiuzzaman  Said Nursi menggabungkan tiga unsur utama, ilmu-ilmu agama (al ulum al  diniyah), ilmu pengetahuan umum modern (al ulum al kauniyah al hadistah) dan  nilai nilai sufisme (tekke). 2) Manajemen Kurikulum Madrasah di Madrasah  Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah sudah berjalan dengan  fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.  Dalam pengelolaan kurikulum belum sepenuhnya menerapkan Integrasi Ilmu  Badiuzzaman Said Nursi. 3) Ada pengembangan kurikulum madrasah dengan  konsep program unggulan yang di terapkan melalui ektrakurikuler dan kegiatan  kegiatan khusus.
date: 2016-12-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995/1/12490035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995/2/12490035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Ummi Khabibah, NIM. 12490035  (2016) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah ).  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.