eprintid: 24995
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/02/49/95
datestamp: 2017-04-10 07:47:05
lastmod: 2017-04-10 07:47:05
status_changed: 2017-04-10 07:47:05
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Ummi Khabibah, NIM. 12490035
title: MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah )
ispublished: pub
subjects: mkpi
divisions: jur_kis2
full_text_status: restricted
keywords: Manajemen Kurikulum, Integrasi Ilmu, Said Nursi
note: Zainal arifin, S.Pd.I., M.S.I
abstract: Latar belakang penelitian ini berawal dari dikotomi ilmu antara ilmu
umum dan ilmu agama dikalangan masyarakat saat ini, menjadikan madrasah
masih dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Integrasi ilmu menjadi suatu
hal cukup menarik untuk dikaji jika dikaitkan dengan lembaga pendidikan islam.
Untuk itulah peneliti memfokuskan penelitian manajemen kurikulum madrasah
dalam perspektif Integrasi Ilmu yang dicanangkan oleh Badiuzzaman Said Nursi.
Dalam penerapannya peneliti menggunakan Madrasah Aliyah An Nawawi 01
Berjan Purworejo Jawa Tengah sebagai tempat penelitian ini. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep integrasi ilmu Badiuzzaman
Said Nursi dan bagaimana lembaga pendidikan islam mampu menerapkannya
dalam proses pengajarannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dipadukan dengan
penelitian literatur atau kajian pustaka. Dengan mengambil latar di Madrasah
Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah dan tokoh Badiuzzaman
Said Nursi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi,
dan wawancara. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik
triangulasi, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi akan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi
dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga
dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Integrasi Ilmu Badiuzzaman
Said Nursi menggabungkan tiga unsur utama, ilmu-ilmu agama (al ulum al
diniyah), ilmu pengetahuan umum modern (al ulum al kauniyah al hadistah) dan
nilai nilai sufisme (tekke). 2) Manajemen Kurikulum Madrasah di Madrasah
Aliyah An Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah sudah berjalan dengan
fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
Dalam pengelolaan kurikulum belum sepenuhnya menerapkan Integrasi Ilmu
Badiuzzaman Said Nursi. 3) Ada pengembangan kurikulum madrasah dengan
konsep program unggulan yang di terapkan melalui ektrakurikuler dan kegiatan
kegiatan khusus.
date: 2016-12-07
date_type: published
pages: 123
institution: UIN Sunan Kalijaga
department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Ummi Khabibah, NIM. 12490035  (2016) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU BADIUZZAMAN SAIDNURSI (Studi Analisis Madrasah Aliyah An-Nawawi 01 Berjan Purworejo Jawa Tengah ).  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995/1/12490035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24995/2/12490035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf