%0 Thesis %9 Skripsi %A AGHUTS NUR AMIEN, NIM. 11680035 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2017 %F digilib:24998 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model TGT (Teams Games Tournament), motivasi, dan hasil belajar %P 204 %T PENGARUH MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24998/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di MA Nurul Ummah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimen dan kelas X C sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 16 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) dan kelas kontrol menggunakan model DI (Direct Instruction). Instrumen pengumpulan data adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test dan Independent Sample t-Test, serta analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar menggunakan Mann Whitney U-Test dan hasil belajar aspek kognitif menggunakan Independent Sample t-Test masing-masing menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,162 dan 0,000. Hal tersebut berarti nilai p 0,05 dan p 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan model TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan penggunaan model TGT (Teams Games Tournament) hanya berpengaruh pada hasil belajar siswa pada materi plantae di kelas X MA Nurul Ummah Yogyakarta. %Z Runtut Prih Utami, M.Pd