%0 Thesis
%9 Skripsi
%A IN IMANATUN, NIM. 12490051
%B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
%D 2016
%F digilib:25001
%I UIN Sunan Kalijaga
%K Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah, Standar Pelayanan  MinimalMadrasah diniyah, Madrasah diniyah
%T UPAYA FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH DALAM PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL MADRASAH DINIYAH DI KABUPATEN KULON PROGO
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25001/
%X Latar belakang penelitian ini berawal dari masih banyaknya madrasah  diniyah di kabupaten Kulon Progo yang masih kurang dalam pengelolaannya,  minimnya pelayanan dan sarana prasarana yang hanya seadanya. Adanya forum  komunikasi diniyah takmiliyahialah untuk membantu pemerintah dalam  penyelenggaraan pendidikan islam untuk memajukan kualitas pendidikan islam di  Indonesia. Oleh karena itu, forum komunikasi diniyah takmiliyahdijadikan  program sekaligus partneruntuk memperbaiki penyelenggaraan madrasahmadrasah  diniyah di Kabupaten Kulon Progo sesuai dengan Standar  Pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan apa  saja upaya forum komunikasi diniyah takmiliyah kabupaten Kulon Progo dalam  pemenuhan standar pelayanan minimal madrasah diniyah di kabupaten Kulon  Progo.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah forum  komunikasi diniyah takmiliyahKabupaten Kulon Progo. Pendekatan yang  digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan  metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan validasi  data dengan triangulasi teknik data. Teknik analisis data dengan cara mereduksi  data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti akan  mengungkap mengenai upayaforum komunikasi diniyah takmiliyah Kabupaten  Kulon Progo dalam pemenuhan standar pelayanan minimal madrasah diniyah di  Kabupaten Kulon Progo.  Hasil penelitian, upaya forum komunikasi diniyah takmiliyahdapat ditinjau  dari manajemennya; pelayanannya; dan dari program kerjanya. Secara umum,  upaya forum komunikasi diniyah takmiliyahyakni :(1) melaksanakan pembinaan,  pelatihan, pengadaan sarana prasarana,pengadaan adminisrasi, sosialisasi,  lokakarya, mengadakan pertemuan rutin, dan lainnya. (2) Terdapat faktor  pendukung dan penghambat upaya pemenuhan standar pelayanan  minimalmadrasah diniyah yaitu; (a)faktor pendukung : Madrasah diniyah yang  berkalaborasi dengan sekolah telah terkelola dengan baik; kalaborasi yang baik  dalam forum komunikasi diniyah takmiliyah; adanya donatur dalam  penyelenggaraan madrasah diniyah; dan adanya madrasah-madrasah diniyah yang  aktif dan kegiatannya bervariatif. (b) faktor penghambat : Madrasah diniyah  dikelola dengan model tradisional yang stagnant; pemangkasan anggaran dari  pemerintah; madrasah diniyah yang diselenggarakan dengan cara asal jalan;  madrasah diniyah masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan kurangnya  perhatian dari pemerintah.
%Z Dr. Achmad Arifi, M.Ag