TY - THES N1 - Dr. Achmad Arifi, M.Ag ID - digilib25001 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25001/ A1 - IN IMANATUN, NIM. 12490051 Y1 - 2016/12/07/ N2 - Latar belakang penelitian ini berawal dari masih banyaknya madrasah diniyah di kabupaten Kulon Progo yang masih kurang dalam pengelolaannya, minimnya pelayanan dan sarana prasarana yang hanya seadanya. Adanya forum komunikasi diniyah takmiliyahialah untuk membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan islam untuk memajukan kualitas pendidikan islam di Indonesia. Oleh karena itu, forum komunikasi diniyah takmiliyahdijadikan program sekaligus partneruntuk memperbaiki penyelenggaraan madrasahmadrasah diniyah di Kabupaten Kulon Progo sesuai dengan Standar Pelayanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan apa saja upaya forum komunikasi diniyah takmiliyah kabupaten Kulon Progo dalam pemenuhan standar pelayanan minimal madrasah diniyah di kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah forum komunikasi diniyah takmiliyahKabupaten Kulon Progo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan validasi data dengan triangulasi teknik data. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap mengenai upayaforum komunikasi diniyah takmiliyah Kabupaten Kulon Progo dalam pemenuhan standar pelayanan minimal madrasah diniyah di Kabupaten Kulon Progo. Hasil penelitian, upaya forum komunikasi diniyah takmiliyahdapat ditinjau dari manajemennya; pelayanannya; dan dari program kerjanya. Secara umum, upaya forum komunikasi diniyah takmiliyahyakni :(1) melaksanakan pembinaan, pelatihan, pengadaan sarana prasarana,pengadaan adminisrasi, sosialisasi, lokakarya, mengadakan pertemuan rutin, dan lainnya. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat upaya pemenuhan standar pelayanan minimalmadrasah diniyah yaitu; (a)faktor pendukung : Madrasah diniyah yang berkalaborasi dengan sekolah telah terkelola dengan baik; kalaborasi yang baik dalam forum komunikasi diniyah takmiliyah; adanya donatur dalam penyelenggaraan madrasah diniyah; dan adanya madrasah-madrasah diniyah yang aktif dan kegiatannya bervariatif. (b) faktor penghambat : Madrasah diniyah dikelola dengan model tradisional yang stagnant; pemangkasan anggaran dari pemerintah; madrasah diniyah yang diselenggarakan dengan cara asal jalan; madrasah diniyah masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan kurangnya perhatian dari pemerintah. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah KW - Standar Pelayanan MinimalMadrasah diniyah KW - Madrasah diniyah M1 - skripsi TI - UPAYA FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH DALAM PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL MADRASAH DINIYAH DI KABUPATEN KULON PROGO AV - restricted ER -