<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI )"^^ . "Cendekiawan dalam sejarah Indonesia memiliki andil yang cukup besar\r\ndalam membangun kesadaran masyarakat dan identitas bangsa Indonesia. Namun\r\ndi era global sekarang ini, kaum cendekiawan dihadapkan dengan berbagai pilihan\r\npragmatisme yang membuat mereka lupa akan peran dan fungsinya dalam sebuah\r\nmasyarakat. Kondisi seperti ini menjadikan tantangan kaum cendekiawan dalam\r\nmembangun kesadaran masyarkat. Melalui pendidikan kritis diharapkan kaum\r\ncendekiawan mampu membangun kesadaran masyarakat secara utuh agar\r\nmemahami berbagai penindasan yang ada.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pemikiran Antonio Gramsci\r\ntentang peran cendekiwan dalam pengembangan pendidikan kritis (2) mengetahui\r\nrelevansi pemikiran Antonio Gramsci tentang peran cendikiawan dalam\r\npengembangan pendidikan kritis di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian\r\nkepustakaan (Library Research) dengan menggali pemikiran-pemikiran Antonio\r\nGramsci melalui referensi primer dan sekunder yang masih relevan dengan tema\r\npenelitian. Referensi tersebut kemudian diolah dengan metode Content Analysis\r\n(analisis isi) yang menekankan pada analisis isi atau pesan yang dibangun secara\r\nobyektif, sistematis dan generalisasi\r\nHasil penelitian ini adalah: pemikiran Antonio Grasmci mengenai peran\r\ncendekiawan dalam pengembangan pendidikan kritis adalah: (1) katagori\r\ncendekiawan organik memiliki peran dalam pencipta perubahan sosial atau agen\r\nof change, sedangkan cendekiawan tradisional berperan sebagai pendorong atau\r\nkonjungtor dalam perubahan sosial. (2) cendekiawan berperan dalam\r\npenyelenggaraan pendidikan kritis sebagai tempat menghancurkan batas sekat\r\nkelas sosial serta sebagai counter hegemoni. (3) pengembangan pendidikan kritis\r\nberupaya membangun peserta didik atau masyarakat menjadi aktif yang\r\nkemudian berkembang menjadi kreatif dengan basis kolektif, tujuannya untuk\r\nmemperluas kepribadian, melalui otonomi, tanggung jawab, kesadaran sosial dan\r\nmoral yang solid serta homogen. Sedangakan relevansi pemikiran Antonio\r\nGramsci tentang peran cendekiawan dalam pengembangan pendidikan kritis di\r\nIndonesia adalah: (1) cendekiawan organik berperan dalam mengembangankan\r\npendidikan kritis dalam kebudayaan masyarakat dan cendekiawan tradisional\r\nberperan dalam mengembangkan pendidikan kritis dalam sistem pendidikan\r\nnasional. (2) pendidikan kritis dalam masyarakat berupa pemberdayaan sebagai\r\nbasis kolektif yang solid. (3) pendidikan kritis dalam pendidikan nasional berupa\r\npembalajaran dengan menempatkan peserta didik dan pendidik sebagai subjek\r\nyang memiliki paradigma struktural kerakyatan yang m"^^ . "2017-03-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.10470025"^^ . "TAUFIK ABDILLAH"^^ . "NIM.10470025 TAUFIK ABDILLAH"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Text)"^^ . . . . . "10470025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Text)"^^ . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN\r\nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA\r\n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25006 \n\nPERAN CENDEKIAWAN DALAM PENGEMBANGAN \nPENDIDIKAN KRITIS DI INDONESIA \n( STUDI PEMIKIRAN ANTONIO GRAMSCI )\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .