eprintid: 25010 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/50/10 datestamp: 2017-04-06 09:04:15 lastmod: 2017-04-06 09:04:15 status_changed: 2017-04-06 09:04:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewinda Prameta Suci, NIM. 11660020 title: PEMETAAN POSISI PRODUK KAMERA JENIS KAMERA MIRRORLESS MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY ispublished: pub subjects: TA divisions: jur_tind full_text_status: public keywords: Canvas Strategy, Analisis Cluster, Analisis Conjoint note: Tutik Farihah, M.Sc. abstract: Pertumbuhan penjualan kamera mirrorless selama beberapa waktu terakhir membuat perusahaan perlu mengetahui pemetaaan posisi produk serta preferensi mengenai atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan posisi produk kamera jenis kamera mirrorless terhadap kompetitornya dengan menggunakan canvas strategy serta analisis cluster, dan mengetahui preferensi konsumen mengenai atribut produk dari merk kamera mirrorless berdasarkan kategori kualitas produk dengan menggunakan analisis conjoint. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan canvas strategy diketahui bahwa merk kamera mirrorless yang memiliki kualitas produk paling baik secara berurutan adalah Fujifilm, Olympus, Nikon, Samsung, Sony, dan Canon. Dari hasil analisis cluster diperoleh 3 cluster dengan rincian cluster 1 merupakan kategori produk kualitas rendah, cluster 2 merupakan kategori produk kualitas tinggi, dan cluster 3 merupakan kategori produk kualitas sedang. Cluster 1 beranggotakan merk kamera mirrorless Nikon, Samsung, Sony, dan Canon. Cluster 2 beranggotakan merk kamera mirrorless Fujifilm. Cluster 3 beranggotakan merk kamera mirrorless Olympus. Hasil pengelompokkan pada analisis cluster sama dengan hasil pengelompokkan pada pemetaan canvas strategy. Dari hasil analisis conjoint, diketahui bahwa kombinasi atribut merk kamera mirrorless yang diinginkan konsumen baik untuk produk dengan kualitas tinggi maupun kualitas rendah adalah sama, yaitu besar megapixel 14,2 megapixel, kinerja kamera sesuai dengan yang diiklankan, lokasi service centre mudah dijangkau, perusahaan taat terhadap garansi, waktu garansi lebih dari dua tahun, waktu reparasi produk di service centre kurang dari tujuh hari, logo merk berada di atas top plate body kamera, serta kinerja kamera cepat dan responsif Kata Kunci: Canvas Strategy, Analisis Cluster, Analisis Conjoint date: 2017-01-12 date_type: published pages: 225 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewinda Prameta Suci, NIM. 11660020 (2017) PEMETAAN POSISI PRODUK KAMERA JENIS KAMERA MIRRORLESS MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25010/1/11660020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25010/2/11660020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf