@mastersthesis{digilib25011, month = {November}, title = {PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AL-QIR??AH AR-RASY{\=I}DAH (ANALISIS SEMIOTIK)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 1420410010 AZINUDDIN AUFAR}, year = {2016}, note = {Dr. Ridwan, M. Hum.,}, keywords = {Semiotik, pendidikan karakter, Buku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dah.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25011/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipendidikan karakter yang terkandung dalam buku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dah, menjelaskan struktur kajian yang ada dalam buku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dah, dan menjelaskan makna semiotik dalam kandungan buku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan objek penelitian ini adalahbuku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dahal-Juz?u a{\.s}-{\.S}{\=a}n{\=i}. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori semiotik model Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku al-Qir{\=a}?ah ar-Rasy{\=i}dah ditemukan tanda-tanda dan makna yang identik dengan adanya nilai-nilai pendidikan karakter,yaitureligius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, Rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab.} }