%A NIM. 1420410010 AZINUDDIN AUFAR %O Dr. Ridwan, M. Hum., %T PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU AL-QIRᾹ’AH AR-RASYĪDAH (ANALISIS SEMIOTIK) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipendidikan karakter yang terkandung dalam buku al-Qirā’ah ar-Rasyīdah, menjelaskan struktur kajian yang ada dalam buku al-Qirā’ah ar-Rasyīdah, dan menjelaskan makna semiotik dalam kandungan buku al-Qirā’ah ar-Rasyīdah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan objek penelitian ini adalahbuku al-Qirā’ah ar-Rasyīdahal-Juz’u aṡ-Ṡānī. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori semiotik model Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku al-Qirā’ah ar-Rasyīdah ditemukan tanda-tanda dan makna yang identik dengan adanya nilai-nilai pendidikan karakter,yaitureligius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, Rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab. %K Semiotik, pendidikan karakter, Buku al-Qirā’ah ar-Rasyīdah. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib25011