%0 Thesis %9 Masters %A RIDHAL AHMADI, NIM. 1420410003 %B PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA %D 2016 %F digilib:25014 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen, Kompetensi dan Dosen STAIL %P 110 %T MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI DOSEN STAI LUQMAN AL HAKIM SURABAYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25014/ %X Dosen memiliki banyak peran dan tugas meliputi mendidik, mengayomi, membimbing, mengarahkan serta memotivasi peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya. Karena tanggung jawab yang besar itulah, maka dosen harus memiliki kompetensi, kredibilitas, dan kualitas yang mumpuni. kompetensi tersebut perlu dikembangkan melalui mekanisme, cara dan metode yang tepat. Sehingga memberikan dampak positif yang dapat dirasakan tidak hanya oleh mahasiswa namun juga oleh lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya. Dalam penelitian ini akan dijelaskan proses, tahapan-tahapan, factor-faktor serta hambatan/kendala manajemen pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya. Ditelaah pula tentang kompetensi lainnya yang diyakini juga menjadi salah satu faktor pendukung manajemen pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif-fenomenologis. Artinya peneliti berusaha menggambarkan kegiatan menajemen pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya apa adanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi yang kemudian menguji keabsahan data yang didapatkan melaui teknik triangulasi data. Maksudnya memilah dan memilih data yang bersinggungan dan ada korelasi dan relevansinya dengan fokus kajian-penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengelolaan manajemen pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya melalui empat tahap, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Sementara langkah-langkah dalam pengembangan kompetensi dosen STAIL Surabaya melakukan berbagai kegiatan, studi lanjut (S2 dan S3), pembinaan kelembagaan (halaqah), mengirim dosen untuk ikut workshop, seminar dan pelatihan, terjun dunia dakwah, presentasi makalah di forum dosen. Kedua, terdapat setidaknya dua faktor pengembangan kompetensi dosen; (a). Faktor internal meliputi; visi, misi, tujuan, strategi pencapaian tujuan, sifat dan jenis kegiatan, dan jenis teknologi yang digunakan. (b). Faktor eksternal meliputi kebijaksanaan pemerintah, sosio-budaya masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, sementara ada tiga hal yang menjadi kendala/hambatan dalam pengembangan kompetensi dosen; (a). adanya dosen yang masih memepertahankan konsep dan metode dalamperkuliahan. (b). kurang memahami konsep pendidikan Hidayatullah yang diterapkan di STAIL Surabaya. (c). dalam memberikan pembinaan terhdapap pegawai, YPP Hidayatullah „terkesan‟ menyamakan antara dosen dengan guru-guru SD, SMP dan SMA. (d). STAIL Surabaya belum bisa mengakomudasi finansial/meterial kepada dosen yang sedang atau berkeinginan studi lanjut. %Z Dr. Sangkot Sirait, MA