<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA"^^ . "Penelitian ini mencoba untuk menggali apa maksud utama dari penafsiran\r\nhikmah Jamal al-Banna. Hal itu berlandaskan asumsi bahwa pada konstruksi\r\ninterpretasinya Jamal tampak menempatkan hikmah pada dua ranah yang\r\nberbeda. Satu diposisikan sebagai penyempurna qiyas yang berada di wilayah\r\nushul al-fiqh dan satunya lagi sebagai sumber ketiga sistematika pengetahuan\r\nbaru Islam. Sampai di sini, penulis merasa penting untuk menggali lebih dalam\r\napa yang sebenarnya diinginkan Jamal dengan konstruksi penafsiran hikmah-nya\r\ntersebut?\r\nDalam redaksi penafsiran hikmah-nya, Jamal tampak tidak suka\r\nmemberikan penjelasan lebih lanjut mengenai relasi antara interpretasi hikmah,\r\nqiyas, dan al-manz{umah al-jadidah li al-ma’rifah al-Islamiyyah, sistematika baru\r\npengetahuan Islam (epistemologi Islam). Ia hanya menjelaskan secara umum\r\nbahwa h}ikmah adalah seperangkat peradaban, seni, budaya, bahasa, teori, dan\r\nsejenisnya dari segala ruang dan waktu. Mendapati itu, penulis tergugah untuk\r\nmeminjam teori analisis wacana kritis Van Dijk guna menyelami apa sejatinya\r\nyang menjadi impian Jamal dalam hal ini. Teori ini mengandaikan siapa saja\r\nuntuk tidak sekedar berhenti pada teks—yang dalam ihwal ini, teks tafsir—tetapi\r\njuga apa yang bersemayam di balik teks. Oleh karenanya, cukuplah beralasan\r\nmengapa analisis wacana kritis yang menjadi pilihan dalam penelitian ini: sebab\r\nuntuk mendapatkan benang merah dari gaya penafsiran Jamal tersebut, tidak\r\ncukup jika hanya mengandalkan teks tertulis. Secara bersamaan juga, sebagai\r\npendukung sekaligus pijakan, penulis merasa penting untuk menggenggam\r\nrancang bangun tafsir Jamal terlebih dulu—yang oleh karenanya, penulis\r\nmemakai kerangka epistemologi sebagai tambahan.\r\nAlhasil, dengan mempertimbangkan setiap diksi, struktur paragraf,\r\nredaksi tema, kajian interteks, dan sebagainya, penulis sampai pada titik simpul\r\nbahwa secara prinsip Jamal tidak membedakan antara fiqh dan pengetahuan\r\nIslam serta ushul fiqh dan sistematika pengetahuan Islam. Ini menjadi mungkin\r\nlantaran, Jamal memiliki konsep fiqh sekaligus ushul fiqh tersendiri. Lebih jauh,\r\njika dilihat dari jendela epistemologi, rupanya sistematika ini merupakan tawaran\r\n“epistemologi Islam” baru versi Jamal al-Banna yang dibentuk, salah satunya,\r\nlewat interpretasi h}ikmah dalam al-Quran."^^ . "2017-02-23" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13530126"^^ . "MUHAMMAD SAIFULLAH"^^ . "NIM. 13530126 MUHAMMAD SAIFULLAH"^^ . . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Text)"^^ . . . . . "13530126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Text)"^^ . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25041 \n\nINTERPRETASI KATA HIKMAH DALAM AL-QURAN MENURUT JAMAL AL-BANNA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .