<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM"^^ . "ILHAM CAHYADI. Konsep Zuhud HAMKA dan Relevansinya Terhadap\r\nBimbingan Konseling Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta : jurusan\r\nPendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah gaya hidup\r\nmanusia di zaman modern ini membawa manusia kepada perilaku- perilaku tidak\r\nterpuji mulai dari korupsi, perzinaan, perbuatan syirik dan menghalalkan segala\r\ncara untuk mencapai suatu tujuan. Perilaku- perilaku tercela tersebut menjangkit\r\nberbagai kalangan bahkan sampai pada taraf kalangan pelajar yang menyebabkan\r\npermasalahan dalam dunia pendidikan, mulai dari kenakalan seperti prostitusi\r\npelajar, premanisme dan lain sebagainya Konsep Zuhud Hamka menjadi tawaran\r\nsolusi yang tepat dalam permasalahan tersebut, termasuk dalam mengangani\r\npermasalahan pendidikan yang dilakukan melalui upaya Bimbingan dan\r\nKonseling. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep\r\nZuhud Hamka dan bagaimana relevansinya terhadap Bimbingan dan Konseling\r\nPendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep Zuhud\r\nHamka dan menganalisi relevansinya terhadap upaya Bimbingan dan Konseling\r\nPendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang berfokus pada\r\npemikiran Zuhud Hamka. Pendekatan yang penulis lakukan dalam penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan filosofis yakni pendekatan yang digunakan untuk\r\nmengeksplisitkan dan merumuskan secara jelas konsepsi- konsepsi pemikiran\r\nHamka dan pendekatan pedagogis untuk mengintepretasi dan mengungkapkan\r\nberbagai konsep dari pemikiran Hamka agar dapat dipahami secara mudah dalam\r\nkonteks kajian pendidikan Islam. Metode penelitian data yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu metode pengumpulan data\r\ndengan menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen,\r\nperaturan-peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya. Metode analisis\r\ndata yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis).\r\nAnalisis isi merupakan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui\r\nusaha menemukan karakteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara\r\nobjektif dan sistematis.\r\nHasil penelitian menunjukkan : 1) Hamka memaknai zuhud sebagai\r\nperilaku baik manusia kepada Tuhan, namun bukan berarti melupakan keduniaan.\r\nOleh karena itu, titik tekan pada perilaku zuhud yang ditekankan Hamka lebih\r\nberorientasi urusan internal manusia kepada Tuhan dan tidak melupakan urusan\r\neksternal antara manusia dengan sesamanya ataupun dengan makhluk lain. Maka\r\nterjadi keseimbangan dalam perilaku zuhud, menjaga diri dari kesenangan\r\nkehidupan dunia untuk dekat dengan Tuhan, namun tidak anti terhadap kehidupan\r\ndunia. 2) Titik Relevansi antara Zuhud Hamka dan Bimbingan Konseling\r\nPendidikan Agama Islam adalah adanya kesamaan semangat ruh perubahan\r\nperilaku. Hanya saja perbedaan yang terdapat pada keduanya, Zuhud Hamka lebih\r\nluas cakupannya dalam hal kehidupan, sedangkan Bimbingan Konseling\r\nPendidikan Agama Islam lebih terpusat pada masalah Pendidikan Agama Islam."^^ . "2016-12-19" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM : 09410225"^^ . "ILHAM CAHYADI"^^ . "NIM : 09410225 ILHAM CAHYADI"^^ . . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "09410225_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Text)"^^ . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA\r\nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING\r\nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25088 \n\nKONSEP ZUHUD HAMKA DAN RELEVANSINYA \nTERHADAP BIMBINGAN KONSELING \nPENDIDIKAN AGAMA ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Bimbingan dan Konseling Islam "@en . .