%A Endang SULISTYOWATI %J AL BIDAYAH %T PENGGUNAAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DI KELAS II SD-MI %X Indonesian student mathematics achievement in International not good. One reason is the learning of mathematics at the elementary level. Many teachers teach mathematics in a conventional manner. The learning method is not in accordance with the psychological and cognitive students. Learning mathematics less provide excitement and creativity. In mathematics learning material multiplication in second grade elementary school, for understanding the concept of multiplication can be used games “cups and candy”. To calculate multiplication skills training, can be used puzzle game, multiplication game red and white and snakes and ladders math games. Keywords: mathematics, multiplication, games. *** Secara rata-rata prestasi matematika siswa Indonesia secara internasional belum dapat dikatakan baik. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Selama ini masih banyak guru mengajar dengan cara konvensional, metode mengajar tidak sesuai dengan perkembangan psikologis dan kognitif siswa, dan pembelajaran matematika kurang memberikan kegembiraan dan kreativitas. Pada pembelajaran matematika materi perkalian di kelas II SD/MI dapat digunakan permainan “mangkuk dan permen” untuk penanaman konsep perkalian, dan dilanjutkan permainan puzzle, permainan perkalian merah putih, dan permainan ular tangga untuk melatih ketrampilan berhitung perkalian. Kata kunci: matematika, perkalian, permainan %N No. 2 %K matematika, perkalian, permainan %P 87-96 %V Vol. 6 %D 2014 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib25150