%0 Thesis %9 Skripsi %A ALDINI FATHIA, NIM. 11470010 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU GURUAN %D 2016 %F digilib:25155 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penanggulangan, Kenakalan Siswa, Tata Tertib Sekolah %P 144 %T PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH TAHUN AJARAN 2015 DI MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25155/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan serta mengetahui wujud kenakalan remaja dan cara untuk menanggulangi kenakalan siswa yang melanggar tata tertib sekolah pada tahun ajaran 2015 di MAN Maguwoharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kategori field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif. Narasumber dari penelitian ini adalah guru ketertiban, guru BK, guru piket dan siswa yang melakukan kenakalan. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa sudah memahami akan pentingnya tata tertib untuk kegiatan belajar mengajar agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien hanya saja, siswa belum konsisten dalam mematuhinya dan mengingat bahwa siswa adalah anak-anak yang sedang menginjak usia remaja serta ingin mencoba segala sesuatu yang baru sehingga tak jarang melakukan bentuk perilaku menyimpang. (2) Wujud kenkakalan siswa yang tejadi di MAN Maguwoharjo Yogyakarta dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu kerapihan, kerajinan, dan perilaku/akhlak. (3) Penanggulangan kenakalan siswa yang melanggar tata tertib sekolah dilakukan melalui tiga fase yaitu upaya preventif, upaya represif dan upaya kuratif. %Z Dr. Na'imah, M. Hum