%A NIM. 11410060 Abdul Malik Kusuma Negara %O Dr. Sabarudin, M.Si. %T PEMBINAAN KARAKTER KEISLAMAN SISWA MELALUI KO-KURIKULER PAI DI MA MUHAMMADIYAH BATURETNO, WONOGIRI %X Pembinaan Karakter Keislaman Siswa melalui Ko-kurikuler PAI di MA Muhammadiyah Baturetno, Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah semakin meningkatnya kebobrokan moral pada generasi bangsa yang disebabkan krisis karakter masing-masing individu. Pergaulan yang terlalu bebas dan pengawasan orang tua yang minim, memicu timbulnya perilaku negatif pada karakter bangsa. Untuk mengantisipasi meningkatnya kebobrokan moral pada generasi bangsa khususnya di MAM Baturetno, di sinilah peran penting PAI dalam pendidikan karakter sebagai solusi permasalahan fenomena tersebut. MAM Baturetno merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berbasis Islam yang bertanggungjawab untuk mengembangkan intelektual dan moral para peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter keislaman siswa melalui ko-kurikuler PAI di MA Muhammadiyah Baturetno, Wonogiri. Yang pembahasannya meliputi: bentuk dan pelaksanaan pembinaan, hasil yang dicapai, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan(Field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di MA Muhammadiyah Baturetno, Wonogiri. Untuk metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, bahwa MAM Baturetno memiliki banyak progam ko-kurikuler, khususnya ko-kurikuler PAI, diantaranya adalah: BTA, Kultum Ba’da Dhuhur, Praktik PAI, PHBI, Pesantren Kilat, Kunjungan Studi, Lomba-lomba Keagamaan, dan Pemberian Tugas Rumah. Kedua, dari kegiatan ko-kurikuler PAI tersebut mempunyai peran penting dalam pembinaan karakter keislaman siswa serta meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah, karena banyak materi PAI yang berkaitan dengan kegiatan ko-kurikuler tersebut diatas. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ko-kurikuler tersebut antara lain: faktor internal yang meliputi strength (kekuatan), weakness (kelemahan). faktor eksternal yang meliputi opportunity (peluang), treath (ancaman). %K Karakter Keislaman, Ko -Kurikuler , Pendidikan Agama Islam. %D 2016 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib25163