<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD)"^^ . "Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan ketercapaian\r\ntujuan Pendidikan Nasional yang kurang memuaskan. Sedangkan Sistem\r\nPendidikan Nasional bukanlah suatu sistem yang lemah. Dengan demikian dapat\r\ndiambil kesimpulan bahwa objek dari sistem tersebutlah yang perlu diperbaiki.\r\nSedangkan dalam hal ini penulis memilih ulama Islam salaf sebagai rujukan\r\ndalam mengambil teori mengingat mayoritas peserta didik di Indonesia beragama\r\nIslam dan belum mengetahui dan/atau mempraktekkan ajaran ulama Islam tentang\r\nmetode dan akhlak dalam belajar yang telah selesai ditulis ratusan tahun lalu.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode menempuh ilmu serta\r\nmengetahui akhlak semasa menempuh ilmu baik dalam pendidikan formal\r\nmaupun non-formal. Sedangkan objek yang diangkat adalah kitab Ta?limu Al-\r\nMuta?allim dan Ayyuha Al-Walad. Kedua kitab tersebut merupakan karya ulama\r\nbesar pada zamannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta\r\ndidik baik untuk mengetahui cara belajar dan berakhlak mulia sesuai dengan\r\ntujuan Pendidikan Nasional.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).\r\nPengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, yakni dengan\r\nmerekam den menggolongkan data yang sudah tertuang dalam kitab Ta?limu Al-\r\nMuta?allim dan Ayyuha Al-Walad. Sedangkan metode analisis data yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah (Content Analysist). Dengan metode\r\nanalisis data tersebut, karakteristik dan bentuk dari pemikiran masing-masing\r\ntokoh dapat dikumpulkan dan dibandingkan.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Ta?limu Al-Muta?allim dan\r\nAyyuha Al-Walad memiliki kelebihan masing-masing baik dari segi topiknya\r\nmaupun pengambilan dalilnya. Kelebihan kitab Ayyuha Al-Walad meliputi\r\npembahasan tentang mengamalkan ilmu, memohon kebenaran dan petunjuk dari\r\nAllah, „Ubudiyah, menghidupi malam, dan ikhlas. Adapun kelebihan dari\r\npemikiran Al-Zarnuji antara lain pembahasan mengenai permulaan belajar,\r\npengaturan, dan urutannya, waktu belajar dan mengambil faedah, keinginan yang\r\nbesar, mengagungkan ilmu, dan kasih sayang. Selain itu penelitian ini juga\r\nmenyimpulkan bahwa terdapat pembahasan yang sama dalam kedua kitab tersebut\r\nbaik dilihat dari topiknya, ide dan gagasannya, serta kecenderungan bidang\r\nkeilmuan penulisnya. Adapun persamaan tersebut meliputi pembahasan tentang\r\nmemilih bidang ilmu, memilih guru dan teman, niat, bersungguh-sungguh,\r\nmemuliakan guru, wara? dan Tawakal."^^ . "2016-12-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU GURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIm. 11470161"^^ . "AHMAD ZAMZAM D"^^ . "NIm. 11470161 AHMAD ZAMZAM D"^^ . . . . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Text)"^^ . . . . . "11470161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Text)"^^ . . . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . . "METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL-\r\nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB\r\nAYYUHA AL-WALAD) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #25179 \n\nMETODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR \n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL- \nMUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB \nAYYUHA AL-WALAD)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .