@article{digilib25191, volume = {Vol. 6}, number = {No. 1}, month = {June}, author = {. Danuri}, title = {PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI}, publisher = {PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA}, year = {2014}, journal = {AL BIDAYAH}, pages = {26--36}, keywords = {Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/}, abstract = {This study is a Research and Development (R \& D) that uses the model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is done through several stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product. The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach can facilitate student learning independence. Students? response to the modules are classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual approach used. Keywords: module, Contextual, Independence Learning. *** Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R\&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual layak digunakan. Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.} }