@article{digilib25191,
          volume = {Vol. 6},
          number = {No. 1},
           month = {June},
          author = {. Danuri},
           title = {PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI},
       publisher = {PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA},
            year = {2014},
         journal = {AL BIDAYAH},
           pages = {26--36},
        keywords = {Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/},
        abstract = {This study is a Research and Development (R \& D) that uses the model ADDIE
(Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary
mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is
done through several stages of analysis, design, development, implementation, and
evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie
a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product.
The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach
can facilitate student learning independence. Students? response to the modules are
classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual
approach used.
Keywords: module, Contextual, Independence Learning.
***
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R\&D) yang
menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and
Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan
kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan
adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif,
menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan
kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap
modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan
pendekatan kontekstual layak digunakan.
Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.}
}