%0 Journal Article
%@ 2085-0034
%A Danuri, .
%D 2014
%F digilib:25191
%I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
%J AL BIDAYAH
%K Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning
%N No. 1
%P 26-36
%T PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/
%V Vol. 6
%X This study is a Research and Development (R & D) that uses the model ADDIE  (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary  mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is  done through several stages of analysis, design, development, implementation, and  evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie  a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product.  The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach  can facilitate student learning independence. Students’ response to the modules are  classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual  approach used.  Keywords: module, Contextual, Independence Learning.  ***  Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang  menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and  Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan  kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain,  pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan  adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif,  menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan  kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap  modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan  pendekatan kontekstual layak digunakan.  Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.