%0 Journal Article %@ 2085-0034 %A Danuri, . %D 2014 %F digilib:25191 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %J AL BIDAYAH %K Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning %N No. 1 %P 26-36 %T PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/ %V Vol. 6 %X This study is a Research and Development (R & D) that uses the model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is done through several stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product. The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach can facilitate student learning independence. Students’ response to the modules are classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual approach used. Keywords: module, Contextual, Independence Learning. *** Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual layak digunakan. Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.