eprintid: 25191
rev_number: 18
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/02/51/91
datestamp: 2017-04-28 03:43:06
lastmod: 2017-04-28 03:43:06
status_changed: 2017-04-28 03:43:06
type: article
metadata_visibility: show
creators_name: Danuri, .
title: PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jurn_bidayah
full_text_status: public
keywords: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning
abstract: This study is a Research and Development (R & D) that uses the model ADDIE
(Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary
mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is
done through several stages of analysis, design, development, implementation, and
evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie
a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product.
The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach
can facilitate student learning independence. Students’ response to the modules are
classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual
approach used.
Keywords: module, Contextual, Independence Learning.
***
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang
menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and
Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan
kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan
adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif,
menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan
kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap
modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan
pendekatan kontekstual layak digunakan.
Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar.
date: 2014-06-01
date_type: published
publication: AL BIDAYAH
volume: Vol. 6
number: No. 1
publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
pagerange: 26-36
refereed: TRUE
issn: 2085-0034
citation:   Danuri, .  (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI.  AL BIDAYAH, Vol. 6 (No. 1).  pp. 26-36.  ISSN 2085-0034     
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/1/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_1.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/2/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_2.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/3/DAFTAR%20ISI%20JURNAL%20BIDAYAH%20VOL%2006%20NO%2001%20JUN%202014.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/4/03.%20DANURI%20-%20PENGEMBANGAN%20MODUL%20MATEMATIKA%20DENGAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL%20UNTUK%20MEMFASILITASI%20KEMANDIRIAN%20BELAJAR%20SISWA%20SD-MI.pdf