eprintid: 25191 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/51/91 datestamp: 2017-04-28 03:43:06 lastmod: 2017-04-28 03:43:06 status_changed: 2017-04-28 03:43:06 type: article metadata_visibility: show creators_name: Danuri, . title: PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jurn_bidayah full_text_status: public keywords: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar, module, Contextual, Independence Learning abstract: This study is a Research and Development (R & D) that uses the model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) with elementary mathematics module products/MI using a contextual approach. Development is done through several stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The model used is the development of procedural development model, ie a model that is descriptive, outlining the steps to be followed to produce the product. The results showed that the mathematical modules SD / MI with contextual approach can facilitate student learning independence. Students’ response to the modules are classified in either category, so the math modules SD / MI with decent contextual approach used. Keywords: module, Contextual, Independence Learning. *** Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan produk modul matematika SD/MI menggunakan pendekatan kontekstual. Pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual dapat memfasilitasi kemandirian belajar siswa. Respon siswa terhadap modul tergolong dalam kategori baik, sehingga modul matematika SD/MI dengan pendekatan kontekstual layak digunakan. Kata Kunci: Modul, Kontekstual, Kemandirian Belajar. date: 2014-06-01 date_type: published publication: AL BIDAYAH volume: Vol. 6 number: No. 1 publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA pagerange: 26-36 refereed: TRUE issn: 2085-0034 citation: Danuri, . (2014) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SD-MI. AL BIDAYAH, Vol. 6 (No. 1). pp. 26-36. ISSN 2085-0034 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/1/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_1.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/2/COVER%20%20AL%20BIDAYAH%20VOL%206%20NO%201_Page_2.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/3/DAFTAR%20ISI%20JURNAL%20BIDAYAH%20VOL%2006%20NO%2001%20JUN%202014.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25191/4/03.%20DANURI%20-%20PENGEMBANGAN%20MODUL%20MATEMATIKA%20DENGAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL%20UNTUK%20MEMFASILITASI%20KEMANDIRIAN%20BELAJAR%20SISWA%20SD-MI.pdf